PENINGKATAN STANDAR PELAYANAN MASYARAKAT DI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS KABUPATEN BLITAR

Yusrizal, Ramadhan (2020) PENINGKATAN STANDAR PELAYANAN MASYARAKAT DI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
Tugas Akhir Yusrizal Ramadhan (1805047) (Repaired)-dikonversi_2.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (2MB)

Abstract

Pengujian Kendaraan Bermotor adalah salah satu bentuk pelayanan publik/masyarakat yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar.Fungsi dari Pengujian Kendaraan Bermotor akhir-akhir ini mendapat banyak sorotan tajam terkait dengan sering terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor yang diakibatkan oleh ketidak laikkan kendaraan bermotor tersebut,Hasil Pengujian menjadi dipertanyakan keakuratannya dengan adanya beberapa kecelakaan tersebut. Selain itu isu isu miring tentang pelayanan yakni pungli, kolusi, dan transparasi hasil pengujian menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Data Primer meliputi : 1. Observasi dan wawancara dengan pejabat yang berkompeten; 2. Pengamatan peralatan pengujian kendaraan bermotor; 3. Pengamatan pelaksanaan pengujian; 4. Pengamatan pelaksanaan peralatan administrasi; 5. Pengamatan proses administrasi. Data sekunder meliputi : 1. Peraturan Daerah Kabupaten Blitar No.23 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum; 2. Data Sarana dan Prasarana Pengujian, Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar; 3. Lay Out Gedung Administrasi dan Gedung Uji; 4. Struktur Organisasi dan Personil; 5. Data Jumlah Kendaraan Wajib Uji; Metode yang dilakukan oleh penulis dalam penyusunan tugas akhir atau laporan individu ini antara lain: 1. Metode Observasi, 2. Metode Interview, 3. Metode Daftar Pertanyaan (Kuesioner), 4. Metode Literatur, 5. Metode Bimbingan, 6. Metode Kegiatan Praktek. Untuk meningkatkan pelayanan pengujian kendraan bermotor maka Dishub Kota Blitar mengeluarkan program “Ukir Emas” yang bertujun untuk : 1. Hasil uji yang akurat, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan karena dilakukan oleh sebuah sistem. 2. Pemilik kendaraan langsung dapat melihat hasil uji kendaraannya 3. Mempermudah pengawasan pimpinan 4. Transparansi pembayaran karena langsung dibayarkan kepada pihak bank. 5. Kemudahan dalam pengurusan karena dapat di daftarkan lewat aplikasi online 6. Mengurangi pertemuan antara petugas dan pemilik kendaraan 7. Diharapkan kedepan pengemudi tidak perlu lagi turun dari kendaraan untuk kepengurusan Pengujian Kendaraan Bermotor 8. Paperless (pengurangan penggunaan kertas) Akhirnya dari segenap pengalaman terkait implementasi Peningkatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor melalui “Ukir Emas” ini akan memberikan motivasi bagi semua pihak untuk terus menerus meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: STANDAR PELAYANAN MASYARAKAT, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:28
Last Modified: 08 Mar 2021 07:32
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item