PENINGKATAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL ARHANUD DI KOTA BATU

SUCI FAIZURIZQI, SUCI and RICKO, YUDHANTA and JULIAMAN, PANGARIBUAN (2023) PENINGKATAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL ARHANUD DI KOTA BATU. PENINGKATAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL ARHANUD DI KOTA BATU. pp. 1-10. (Submitted)

[img] Text
PENINGKATAN KINERJA SIMPANG BERSINYAL ARHANUD DI KOTA BATU.pdf

Download (330kB)

Abstract

Persimpangan jalan merupakan pertemuan atau perpotongan antara dua atau lebih ruas jalan yang memiliki karakteristik yang sama maupun berbeda, setiap persimpangan memilki pergerakan lalu lintas yang berbeda tergantung karakteristik jalan yang dipertemukan. Persimpangan dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas seperti panjangnya antrian kendaraan dan lamanya tundaan kendaraan di masing-masing simpang akibat mendapat sinyal merah yang mengakibatkan waktu perjalanan menjadi lama. Simpang yang dikaji dalam penelitian ini yaitu simpang Arhanud. untuk menciptakan kinerja persimpangan yang optimal dan kelancaran kendaraan saat melintasi persimpangan dengan harapan dapat mengurangi konflik maupun kemacetan yang diakibatkan oleh besarnya volume kendaraan yang melintas. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menciptakan kinerja persimpangan yang optimal dan kelancaran kendaraan saat melintasi persimpangan dengan harapan dapat mengurangi konflik maupun kemacetan yang diakibatkan oleh besarnya volume kendaraan yang melintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini merupakan analisis kinerja eksisting, Simpang Empat Arhanud Kota Batu memiliki tingkat pelayanan berdasarkan (Derajat Kejenuhan) tertinggi sebesar 0,88 pada pendekat barat, antrian terpanjang yaitu 62,86 meter, dan tundaan simpang rata-rata sebesar 43,30 det/smp. Berdasarkan analisis kinerja usulan nilai derajat kejenuhan yaitu 0,59 pada kaki pendekat barat, panjang antrian sepanjang 28,57 meter dan tundaan simpang rata-rata sebesar 13,94 det/smp. Berdasarkan hasil kondisi usulan Simpang Empat Arhanud di Kota Batu diperlukan peningkatan kinerja simpang yang optimal dengan merubah fase dan menyesuaikan waktu siklus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Simpang, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Panjang Antrian
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.6
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:33
Last Modified: 07 Oct 2024 07:33
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item