Nugroho, Dani Arif Pangestu MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA KUPANG. MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA KUPANG. (In Press)
![]() |
Text
DANI ARIF.pdf Download (661kB) |
Abstract
Pasar Solor yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kupang memiliki lalu lintas yang padat. Di samping kiri kanan jalan, terdapat banyak lapak pedagang dan parkir on street, tidak ada fasilitas pejalan kaki berupa fasilitas penyeberangan di seluruh ruas jalan, serta fasilitas trotoar yang belum memadai di beberapa ruas jalan di kawasan tersebut. Dengan kondisi demikian, timbul permasalahan lalu lintas berupa turunnya tingkat aksesibilitas lalu lintas. Untuk meningkatkan tingkat aksesibilitas lalu lintas di sekitar Pasar Solor, perlu dilakukan uji coba beberapa alternatif skenario penyelesaian masalah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja jaringan, analis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal 2 maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di lokasi studi. Untuk analisis kinerja jaringan pada skenario – skenario dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi Contram 5.0, hasil kinerja jaringan tiap skenario tersebut kemudian akan dibandingkan untuk diperoleh skenario terbaik. Dalam penelitian ini, parameter kinerja jaringan yang digunakan adalah tingkat aksesibilitas yang berupa total waktu perjalanan, total jarak tempuh, total antrian, dan kecepatan perjalanan. Dari hasil analisis dengan melakukan simulasi pada aplikasi Contram 5.0, diperoleh skenario terbaik yakni skenario 3. Skenario ini dilakukan dengan pemberlakuan sistem jalan dua arah di setiap ruas di kawasan tersebut, perubahan tipe simpang, pemindahan parkir on street ke off street dan larangan melintas kendaraan berat pada jam sibuk (06.30 – 07.30 WITA). Dengan penerapan skenario 3 seperti yang dikaji dalam penelitian ini, tingkat aksesibilitas di pusat perbelanjaan Kota Kupang meningkat. Tingkat aksesibilitas yang dihasilkan tersebut memiliki total waktu perjalanan 72.8 detik, total jarak perjalanan 2472.9 meter, kecepatan perjalanan 30.8 km/jam dan total antrian 15 smp. Kata Kunci: Tingkat Aksesibilitas, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Contram
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | PRODI TRANSDAR DIV |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 05:04 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 05:04 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |