RAFI MAHENDRA PUTRA CAHYONO, RAFI (2023) KOORDINASI SIMPANG POLDA DAN SIMPANG HERO DI KOTA KUPANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
Abstract
Kota Kupang merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan jenis jaringan jalan di Kota Kupang cenderung berbentuk grid sehingga menimbulkan banyak pertemuan dengan simpang yang jarak antar simpang yang pendek. Maka dari itu, persimpangan menjadi salah satu fokus penyelesaian permasalahan transportasi yang harus diperhatikan agar terjadi kelancaran arus lalu lintas. Di Kota Kupang terdapat dua simpang yang memiliki kinerja yang bermasalah dengan jarak antar simpang 280 meter yaitu Simpang Polda dan Simpang Hero. Untuk meningkatkan kinerja pada kedua simpang tersebut dilakukan pengkoordinasian simpang. Sistem koordinasi demikian belum diterapkan di Kota Kupang, sehingga sering kendaraan yang baru lolos dari Simpang Polda harus berhenti dan menunggu fase hijau lagi pada Simpang Hero dan begitu juga arah sebaliknya. Metode analisis data menggunakan aplikasi Transyt 16. Sebelum dilakukan pengkoordinasian, dilakukan analisis untuk mengetahui kinerja eksisting simpang, selanjutnya dilakukan optimasi untuk mendapatkan waktu siklus yang sesuai dengan kondisi arus lalu lintas yang ada. Terakhir, dilakukan pengkoordinasian pada kedua simpang. Hasil perbandingan kinerja kondisi eksisting dan setelah dilakukan pengkoordinasian mengalami peningkatan kinerja pada kedua simpang. Simpang Polda mengalami peningkatan derajat kejenuhan menjadi lebih baik sebesar 36%, panjang antrian sebesar 74%, dan tundaan rata-rata sebesar 73%. Simpang Hero mengalami peningkatan derajat kejenuhan menjadi lebih baik sebesar 44%, panjang antrian sebesar 64% dan tundaan rata-rata sebesar 66%
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Simpang, Koordinasi, Transyt |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.1 |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 13:31 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 13:31 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6070 |
Available Versions of this Item
-
KOORDINASI SIMPANG POLDA DAN SIMPANG HERO DI KOTA KUPANG. (deposited 06 Jan 2025 13:31)
- KOORDINASI SIMPANG POLDA DAN SIMPANG HERO DI KOTA KUPANG. (deposited 06 Jan 2025 13:31) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |