M. Nizam Zarkasi, Nizam and Djamal Subastian, Djamal Subastian and Dani Hardianto, Dani Hardianto (2023) PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI JALAN BATAS KOTA TEGAL - KOTA PEMALANG. PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI JALAN BATAS KOTA TEGAL - KOTA PEMALANG, 1 (1). pp. 1-12. (Submitted)
![]() |
Text
JURNAL PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI JALAN BATAS KOTA TEGAL - KOTA PEMALANG.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
Abstract
Pada ruas jalan Jl. Batas Kota Tegal-Kota Pemalang 2 yang menjadi titik rawan kecelakaan adalah di simpang 3 depan Pos Polisi Larangan Tegal. Ruas jalan Batas Kota Tegal-Kota pemalang 2 termasuk jalur cepat dimana kendaraan yang melintas pada ruas jalan ini beragam, mulai dari kendaraan pribadi, angkutan umum, hingga angkutan barang dan terdapat banyaknya akses keluar masuk kendaraan yang dapat menyebabkan konflik dengan arus yang berasal dari jalan-jalan lokal. Pada tahun 2021, dari data Kepolisian Resort Kabupaten Tegal terdapat 31 kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas Jl. Batas Kota Tegal-Kota Pemalang 2, 31 kejadian kecelakaan dengan 11 korban Meninggal Dunia, dan 33 Korban mengalami Luka Ringan. Pada Ruas Jalan Jl. Batas Kota Tegal-Kota Pemalang 2 (Area Kramat) memiliki tingkat keparahan tertinggi yaitu sebesar 20,85 kecelakaan per kilometer dalam kurun waktu 1 Tahun. Kurangnya kedisiplinan pengguna jalan. dan kurangnya perlengkapan jalan seperti prasarana dengan kondisi rambu dengan kondisi rusak, alat penerangan jalan yang mati, marka memudar, dan kondisi jalan yang rusak. Untuk meningkatkan keselamatan pada ruas jalan Batas Kota Tegal-Kota pemalang 2 diperlukan penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan penentuan lokasi rawan kecelakaan, analisis karakteristik kecelakaan, analisis faktor penyebab kecelakaan, analisis HIRARC, inventarisasi fasilitas dan kebutuhan perlengkapan jalan, setlah itu didapatkan usulan peningkatan keselamatan lalu lintas yaitu pemeliharaan terkait fasilitas perlengkapan jalan berupa penambahan, penggantian, dan perawatan untuk fasilitas yang sangat diperlukan secara berkala dalam rangka meningkatkan keselamatan penggendara, dan mewujudkan jalan yang berkeselamatan. Serta usulan terkait dengan manajemen kecepatan dengan pengadaan rambu batas kecepatan dan alat pengendali kecepatan dikarenakan faktor penyebab kecelakaan tertinggi dikarenakan kecepatan tinggi pengendara.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tegal, Peningkatan, Keselamatan, Kecelakaan, Kecepatan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Mr. Alham Maulana Nur |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 05:16 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 05:16 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |