PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA BLITAR

DEWI FATIQHA, DEWI and SAM DELI IMANUEL DUDUNG, SAM DELI and DIAN VIRDA SEJATI, DIAN VIRDA (2023) PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA BLITAR. PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KOTA BLITAR, 1 (1). pp. 1-19. (Submitted)

[img] Text (Jurnal)
PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BLITAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini angkutan sekolah anak berkebutuhan khusus di Kota Blitar memiliki jumlah rata-rata penumpang terangkut 18 orang per hari. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi peningkatan pelayanan angkutan sekolah anak berkebutuhan khusus sesuai dengan jumlah permintaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angkutan sekolah saat ini memiliki panjang rute 23,60 km, kecepatan 23 km/jam, waktu perjalanan 62 menit, dan load factor rata-rata per segmen yaitu 46%, dengan jumlah permintaan aktual sebanyak 20 orang. Dari hasil wawancara terhadap pelajar disabilitas diketahui kualitas pelayanan saat ini mendapatkan kategori cukup puas dan memiliki jumlah permintaan potensial sebanyak 217 orang. Berdasarkan hal tersebut maka rekomendasi peningkatan pelayanan angkutan sekolah anak berkebutuhan khusus di Kota Blitar setidaknya memberikan pelayanan seperti prosedur naik turun penumpang, kemampuan dan keterampilan petugas dapat mengintervensi perilaku pelajar disabilitas, upaya pengalihan perilaku, pemberian penghargaan spesial, dan sistem komunikasi darurat; mengusulkan 2 (dua) rute rencana yaitu Rute 1 dengan panjang rute 27,40 km, waktu sirkulasi 57 menit 01 detik, headway 6 menit 43 detik, frekuensi 9 kendaraan, kebutuhan armada 8 kendaraan, dan kebutuhan titik henti 13 lokasi sedangkan Rute 2 dengan panjang rute 21,60 km,waktu sirkulasi 45 menit 13 detik, headway 12 menit 58 detik, frekuensi 5 kendaraan, kebutuhan armada 3 kendaraan, dan kebutuhan titik henti 11 lokasi. Jenis kendaraan yang digunakan adalah microbus berkapasitas 16 penumpang dengan subsidi penuh yang harus dikeluarkan pemerintah untuk Rute 1 yaitu Rp. 352.975.861,73 per tahun dan Rute 2 yaitu Rp. 234.571.006,08 per tahun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pelayanan, Angkutan Sekolah, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Fuzzy Kano, Permintaan Aktual dan Potensial, Kualitas Pelayanan, Manajemen Operasional
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: annisa chintya prasetya ningrum
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:52
Last Modified: 01 Apr 2024 03:52
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item