Ika Setyorini Pradjojoway, MM, MPsi, Ika Setyorini Pradjojoway, MM, MPsi and Rachmat Sadili, MT, Rachmat Sadili, MT and Drs. Aan Sunandar, MM, Drs. Aan Sunandar, MM and Dra. Siti Umiyaty, MM, Dra. Siti Umiyaty, MM (2020) MODEL REKAYASA PERILAKU PENGGUNAAN HELM SNI PENGEMUDI DAN PENUMPANG SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN DAN KOTA BEKASI. MODEL REKAYASA PERILAKU PENGGUNAAN HELM SNI PENGEMUDI DAN PENUMPANG SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN DAN KOTA BEKASI. (In Press)
![]() |
Text (MODEL REKAYASA PERILAKU PENGGUNAAN HELM SNI PENGEMUDI DAN PENUMPANG SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN DAN KOTA BEKASI)
MODEL REKAYASA PERILAKU PENGGUNAAN HELM SNI PENGEMUDI DAN PENUMPANG SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN DAN KOTA BEKASI.docx Restricted to Registered users only until 2020. Download (595kB) |
Abstract
Sepeda motor menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang populer di kalangan masyarakat Kota dan Kabpaten Bekasi yang membawa dampak positif maupun negatif terhadap daerah dan lingkungan sekitarnya. Kasus kecelakaan lalu lintas di kabupaten Bekasi, Jawa Barat masih cukup tinggi. Meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor di Kota dan Kabupaten Bekasi menjadikan pengguna sepeda motor sebagai penyumbang kecelakaan terbesar; Dari pertumbuhan sepeda motor yang tinggi, pemilihan Moda Transportasi, jumlah kecelakaan sepeda motor juga tinggi. Namun kesadaran akan pengunaan helm masih tergolong rendah (niat). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor sebagai prediktor terbesar yang mempengaruhi dalam penggunaan helm Standar Nasional (SNI) oleh pengendara dan penumpang Sepeda Motor sebagai Alat pelindung Keselamatan Berkendara, Pemilihan model Theory Planned Behavior (TPB) dan Model Structural Equation Modelling (SEM) untuk mendapatkan pendekatan yang paling sesuai pada helm keselamatan baik pengendara maupun penumpang sepeda motor di kota dan kabupaten Bekasi pada 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku penggunaan helm (SNI) pengemudi dan penumpang sepeda motor di Kota dan Kabupaten Bekasi berdasarkan Teori Perilaku Terencana (Theory of Planned Behaviour, TPB). Data primer diperoleh dengan melakukan survei pada lima titik atau area penelitian yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi. Sebanyak 200 responden memberikan respons terhadap pertanyaan berkaitan dengan perilaku penggunaan helm (SNI) di Kota dan Kabupaten Bekasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik Structural Equation Modeling. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa faktor persepsi kendali perilaku secara positif dan signifikan mempengaruhi intensi perilaku penggunaan helm (SNI) pengemudi dan penumpang sepeda motor di Kota dan Kabupaten Bekasi. Faktor sikap dan norma subjektif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap intensi perilaku. Demikian halnya intensi perilaku terhadap perilaku aktual. Implikasi penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak Pemkot dan Pemkab Bekasi dalam dalam menerapkan Kampanye maupun sosialisasi penggunaan Helm SNI melalui sosok atau tokoh yang paling berpengaruh untuk mendapatkan implikasi dalam penerapan peraturan lalu lintas sebagai bahan rekomendasi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teori perilaku terencana, perilaku, helm, pengemudi dan penumpang sepeda motor, model persamaan struktural |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan PTDI-STTD |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 02:01 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 02:01 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |