PENINGKATAN KINERJA PERSIMPANGAN DI JALAN URIP SUMOHARJO - ENDRO SURATMIN KOTA BANDAR LAMPUNG

MUHAMAD ALLANDI, ALLANDI and RICKO YUDHANTA, RICKO YUDHANTA and FREDDY TAMPUBOLON, FREDDY TAMPUBOLON (2024) PENINGKATAN KINERJA PERSIMPANGAN DI JALAN URIP SUMOHARJO - ENDRO SURATMIN KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
HALAMAN COVER_MUHAMAD ALLANDI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI_MUHAMAD ALLANDI .pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 1_MUHAMAD ALLANDI .pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB 2_MUHAMAD ALLANDI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3_MUHAMAD ALLANDI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB 4_MUHAMAD ALLANDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB 5_MUHAMAD ALLANDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6_MUHAMAD ALLANDI.pdf

Download (70kB)

Abstract

Terdapat persimpangan yang saling berdekatan di Jalan Urip Sumoharjo – Endro suratmin dengan tipe simpang bersinyal terisolasi dan belum terkoordinasi sehingga menyebabkan beban lalu lintas yang tidak stabil dikarenakan jarak yang saling berdekatan sehingga sirkulasi kendaraan akan saling memengaruhi sehingga menyebabkan panjangnya antrian dan lamanya waktu tundaan terutama pada jam-jam sibuk tidak dapat dihindari. Untuk itu perlu dilakukan analisis koordinasi yang tepat antar persimpangan untuk meningkatkan kinerja persimpangan sehingga bisa mengurangi kepadatan di persimpangan di Jalan Urip Sumoharjo – Endro Suratmin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja persimpangan dan meningkatkan kinerja persimpangan dengan melakukan pengoptimalan waktu siklus dan pengkoordinasian waktu siklus dengan bantuan software transyt. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data primer dan data sekunder dengan PKJI untuk mendapatkan nilai indikator persimpangan dan tingkat pelayanan simpang untuk kondisi eksisting, kemudian menganalisis pengaturan sinyal menggunakan metode diagram waktu-jarak dengan bantuan software transyt dan hasil dari software transyt akan dibandingkan dengan kondisi eksisting. Hasil penelitian menunjukkan persimpangan di Jalan Urip Sumoharjo – Endro Suratmin yaitu Simpang 4 Urip Sumoharjo – Arif Rahman Hakim memiliki tingkat pelayanan (D), Simpang 4 Endro Suratmin – Soekarno Hatta memiliki tingkat pelayanan (D) dan Simpang 4 Endro Suratmin – Pulau Tegal memiliki tingkat pelayanan (E).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Persimpangan, Koordinasi, Software Transyt, Tingkat Pelayanan.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 13 2024
Date Deposited: 27 May 2025 04:01
Last Modified: 27 May 2025 04:01
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6195

Actions (login required)

View Item View Item