PENATAAN PARKIR KAWASAN PERDAGANGAN (PASAR PAGI) DI KABUPATEN PESISIR BARAT

Dees Achmadi, Purbo Wiyono (2019) PENATAAN PARKIR KAWASAN PERDAGANGAN (PASAR PAGI) DI KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
Dees Achmadi Purbo Wiyono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Pesisir Barat ini memiliki luas wilayah 2.907,23 km2 yang terdiri atas 116 Desa / Kelurahan dengan jumlah penduduk sebesar 19.476 jiwa pada tahun 2017. Dalam aktivitas dan interaksinya memiliki berbagai kawasan yang dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas yang salah satunya adalah permasalahan parkir. Permasalahan tersebut meliputi ruang parkir yang semrawut dan jumlah ruang parkir yang disediakan tidak dapat memenuhi kebutuhan parkir atau tidak dimanfaatkan secera efektif suatu lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang parkir sehingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Hal ini seperti terlihat di areal Pasar Pagi sebagai salah satu pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Barat yang menjadi salah satu tempat akumulasi massa, tempat terjadi transaksi jual – beli yang dapat menarik masyarakat untuk datang. Data primer dalam penelitian ini berupa data ruang parkir, akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir. Sementara data sekunder berupa peta jaringan jalan dan lokasi parkir. Berdasarkan data diatas dihitung kinerja parkir, kinerja ruas jalan dan tingkat pelayanan jalan yang menghasilkan penataan parkir yang optimal. Bedasarkan hasil analisa menunjukan bahwa Kinerja perparkiran di kawasan Pasar Pagi dapat dilihat dari : a. Akumulasi parkir pada jalan merdeka paling tinggi adalah sepeda motor dengan jumlah 111 unit pada pukul 10.00 – 11.00 WIB. Sedangkan pada ruang parkir akumulasi parkir tertinggi adalah sepeda motor dengan jumlah 79 unit pada pukul 06.00 – 07.00. b. Kapasitas statis pada jalan merdeka untuk roda dua adalah sebesar 20 SRP dan untuk roda empat adalah sebesar 8 SRP. Sedangkan pada ruang parkir kapasitas statis untuk roda dua adalah sebesar 10 SRP dan untuk roda empat adalah 3 SRP. c. Durasi parkir sepeda motor pada jalan merdeka terbanyak pada interval 0 – 1 jam dengan jumlah 229 kendaraan dan yang paling sedikit mobil pada interval 1 – 2 jam dengan jumlah 2 kendaraan. Sedangkan pada ruang parkir durasi parkir terbanyak sepeda motor pada interval 0 – 1 jam dengan jumlah 124 kendaraan dan yang paling sedikit mobil pada interval 0 – 1 jam dengan jumlah 3 kendaraan. d. Kapasitas dinamis pada jalan merdeka, sepeda motor 188 SRP, mobil 274 SRP, pick up 213 SRP, truck kecil 565 SRP. Sedangkan kapasitas dinamis pada ruang parkir, sepeda motor 250 SRP, mobil 120 SRP, pick up 120 SRP. e. Volume parkir pada jalan merdeka, sepeda motor 377 kendaraan, mobil 18 kendaraan, pick up 20 kendaraan, truk kecil 6 kendaraan. Sedangkan volume parkir pada ruang parkir, sepeda motor 167 kendaraan, mobil 3 kendaraan, pick up 5 kendaraan. f. Indeks parkir pada jalan merdeka untuk sepeda motor 18,85%, mobil 2,25%, pick up 5%, truck kecil 1%. Sedangkan indeks parkir pada ruang parkir untuk sepeda motor 16,70%, mobil 1%, pick up 1,67%. g. Tingkat pergantian pada jalan merdeka untuk sepeda motor 18,9 kendr/SRP, mobil 2,3 kendr/SRP, pick up 2,5 kendr/SRP, truk kecil 0,8 kendr/SRP. Sedangkan tingkat pergantian pada ruang parkir untuk sepeda motor 16,7 kendr/SRP, mobil 1,0 kendr/SRP, pick up 1,7 kendr/SRP. Upaya peningkatan kinerja perparkiran dapat dilihat dari : a. Kapasitasi ruas jalan sebelum dilakukan penataan adalah 2856,38 smp/jam dan setelah dilakukan penataan adalah 2134,46 smp/jam. b. V/c ratio sebelum dilakukan penataan adalah 0,1391 dan setelah dilakukan penataan adalah 0,1861. c. Kecepatan arus bebas sebelum dilakukan penataan adalah 46,965 km/jam dan setelah dilakukan penataan adalah 35,545 km/jam. d. Kecepatan perjalanan sebelum dilakukan penataan adalah 45,274 km/jam dan setelah dilakukan penataan adalah 33,804 km/jam. e. Kerapatan sebelum dilakukan penataan adalah 8,773 smp/km dan setelah dilakukan penataan adalah 11,750 smp/km.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: PRODI MTJ DIII
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:56
Last Modified: 19 Mar 2021 06:56
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item