MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN PASAR TANJUNG ANYAR KOTA MOJOKERTO

WA ODE ZASKYA NUR MULKIDEWI, ZASKYA and IRFAN HARDIANSYAH, IRFAN and DITA RAMA INSIYANDA, DITA RAMA INSIYANDA (2004) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN PASAR TANJUNG ANYAR KOTA MOJOKERTO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (62kB)

Abstract

Kawasan Pasar Tanjung Anyar merupakan pusat Kawasan CBD dimana pasar ini menjadi pasar induk terbesar di Kota Mojokerto. Adanya parkir on street ilegal, ramainya pedagang kaki lima disepanjang jalan, serta tidak adanya fasilitas pejalan kaki baik trotoar maupun tempat penyeberangan menyebabkan permasalahan lalu lintas berupa kemacetan ketika arus lalu lintas meningkat yang mengganggu kelancaran dan kenyamanan berkendara. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya penanganan terhadap permasalahan lalu lintas dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja jaringan jalan yang ada di Kawasan Pasar Tanjung Anyar saat ini dan menentukan usulan pemecahan masalah guna meningkatkan kinerja jaringan jalan tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, analisis parkir dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia) 2023 dan pemodelan dilakukan dengan Software Vissim. Usulan pemecahan masalah yang diperoleh dari hasil analisis berupa penataan parkir on street berupa perubahan sudut parkir di badan jalan, pengadaan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar dan pelican crossing, peningkatan tipe pengendalian simpang dari simpang tidak bersinyal menjadi simpang prioritas, penambahan rambu prioritas pada simpang tanpa pengendalian, serta penambahan rambu lalu lintas. Hasil dari penelitian didapatkan kinerja jaringan jalan mengalami peningkatan dengan tundaan rata- rata 3,32 detik, kecepatan jaringan 38,11 km/jam, total jarak yang ditempuh 4119,87 kend-km, dan total waktu perjalanan 102,13 kend-jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 7 2024
Date Deposited: 27 May 2025 03:57
Last Modified: 27 May 2025 03:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item