MUHAMMAD FARHAN HUSEIN HARAHAP, HUSEIN and ARI ANANDA PUTRI, ARI ANANDA PUTRI and BAMBANG WIJONARKO, BAMBANG WIJONARKO (2024) PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR DAN KOMERSIAL BANDARJO KABUPATEN SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Download (776kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 3 Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
![]() |
Text
Bab 4 Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
![]() |
Text
Bab 5 Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab 6 Muhammad Farhan Husein Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kawasan Pasar dan Komersial Bandarjo merupakan Kawasan yang memiliki beberapa lokasi perdagangan utama yaitu Pasar Rakyat Bandarjo, Plaza Bandarjo, Swalayan Ramai, dan Luwes Swalayan yang berlokasi pada Kecamatan Ungaran serta berada pada Jalan Nasional Gatot Subroto yang memiliki volume lalu lintas yang tinggi. Dengan adanya aktifitas perdagangan pada Kawasan ini terutama pada Pasar Rakyat Bandarjo sehingga menimbulkan hambatan samping berupa Parkir on street, kegiatan bongkar muat, pedagang kaki lima, angkutan umum yang mengetem, serta fasilitas pejalan kaki yang belum tersedia dan terkoneksi dengan baik. Dengan kondisi eksisting tersebut maka dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas akibat berkurangnya lebar efektif ruas jalan, terhambatnya lalu lintas, hambatan samping yang sangat tinggi, serta membahayakan keselamatan pejalan kaki. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pemecahan masalah melalui penerapan skenario dalam skala waktu untuk meningkatkan kinerja lalu lintas dan kinerja jaringan jalan. Metode dalam menganalisis penelitian ini ialah analisis kinerja lalu lintas berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 dan untuk mengukur tingkat pelayanan ruas berdasarkan HCM 7Th Edition 2022 dan simpang berdasarkan PM 96 Tahun 2015, analisis kinerja jaringan jalan melalui software PTV VISSIM, analisis pejalan kaki berdasarkan Pedoman Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki 2023, analisis kebutuhan parkir dan bongkar muat berdasarkan pedoman Manajemen Lalu Lintas Perkotaan Ahmad Munawar. Berdasarkan hasil analisis yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang lebih baik ataupun teroptimal dengan baik di setiap skema penanganan baik kinerja ruas jalan maupun kinerja jaringan jalan. Adapun usulan penanganan penataan lalu lintasnya ialah pengalihan parkir on street ke off street, pengalihan lokasi bongkar muat, pembatasan jam operasional kendaraan bongkar muat, sistem satu arah, penataan fasilitas pejalan kaki, dan penataan angkutan umum (Lay By).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Road Network Performance, Traffic Performance, PTV VISSIM, Pedestrian, Parking, Loading and Unloading, Lay By, One Way System |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 4 2024 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:07 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:07 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |