HABIBURRAHMAN (2020) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PADA UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PULOGADUNG DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.
![]() |
Text
TA HABIBURRAHMAN_STTD.pdf Restricted to Registered users only until 2020. Download (2MB) |
Abstract
Dengan terjadi nya perubahan-perubahan di Unit Pelayanan dari mulai motto yang semula SERVIS menjadi SIAP, hal ini akan membuat perbedaan kepuasan sebelum dan sesudahnya, maka harus harus di lakukan suatu survey untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, Landasan utama Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 197 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pelaksanaan Survey Indeks Kepuasaan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Kepuasan Masyarakat adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas ayanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik. Dikarenakan pada tahun 2019 sudah di lakukan Survey Indeks Kepuasan Masyarat pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor maka pada Tahun ini saya akan melakukan survey kembali untuk mengetahui apakah ada peningkatan dalam kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan di UP PKB Pulogadung tahun 2020 dan dalam rangka meningkatkan kinerja di lingkungan UP PKB Pulogadung tahun 2020. Adanya data indeks kepuasan masyarakat ini dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu upaya pembenahan dan menjadi pendorong setiap unit pelayanan pengujian kendaraan bermotor untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan publik diharapkan akan memperbaiki kualitas pengujian kendaraan bermotor di mata masyarakat, karena dengan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, kepuasan dan kepercayaan masyarakat akan dapat diwujudkan. Data Primer Merupakan data yang dikumpulkan sendiri pada saat penelitian sedang dilakukan. pada penelitian ini data primer diperoleh melalu kuesioner dengan pihak yang bersangkutan yaitu pemilik kendaraan yang melakukan uji kendaraan. Data Sekunder Merupakan teori yang ada, dokumen/jurnal, buku referensi, laporan perusahaan, serta sumber-sumber informasi lainnya yang berkaitan atau berhubungan dengan penelitian ini. Ada tiga metode yang dilakukan dalam proses pembuatan Tugas Akhir yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode bimbingan, adapun metode yang dimaksud seperti dibawah ini : 1. Metode observasi, 2. Metode quisioner, 3. Metode bimbingan. 1. Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dari 14 indikator terdapat 12 unsur yang mendapat penilaian sangat baik, 1 unsur yang mendapat penilaian baik dan 1 unsur mendapat kurang baik; 2. Dari 14 Unsur yang mendapatkan nilai sangat baik adalah Persyaratan Pelayanan, Kejelasan Petugas Pelayanan, Kedisiplinan Petugas Pelayanan, Tanggung Jawab Petugas Pelayanan, Keadilan Mendapat Pelayanan, Kewajaran Biaya Pelayanan, Kepastian Biaya Pelayanan, Kepastian Jadwal Pelayanan, Keamanan Pelayanan,Unsur sopan santun pelayanan mendapatkan nilai baik, Unsur kecepatan pelayanan mendapat nilai kurang baik; 3. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung menyimpulkan bahwa pelayanan publik yang telah diberikan berjalan dengan sangat baik dengan mendapat penilaian mutu A dan nilai setelah dikonvenrsikan 82,89 serta nilai interval 3.32, Oleh karena itu kinerja unit pelayanan dapat dikatakan sangat Baik; 4. Kesopanan dan Keramahan Petugas mendapatkan penilaian baik sehingga harus di tingkatkan lagi dengan menerapkan 3S(senyum sapa salam) 5. Kecepatan pelayanan Mendapat penilaian kurang dari masyarakat di karenakan kurangnya lahan pengujian dengan KBWU ±300 kendaraan perhari dengan besar kendaraan yang berbeda membuat antrian yang panjang, dan juga sering terjadi error pada alat bantu seperti printer dan alat praso smart card sehingga membuat antrian di drive thru out.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT, PELAYANAN, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | PRODI PKB DII |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 04:07 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 04:07 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/647 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |