RINDA PUTRA RABSANI, RINDA and SUDIRMAN ANGGADA, SUDIRMAN ANGGADA and JOHNY NELSON PANGARIBUAN, JOHNY NELSON PANGARIBUAN (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN RELIGI KELAMPAYAN DI KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (492kB) |
Abstract
Kawasan Religi Kelampayan merupakan salah satu tujuan wisata religi bagi para peziarah di Kalimantan Selatan. Kawasan Religi Kelampayan terletak di Kecamatan Astambul, kabupaten Banjar. Tata guna lahan di Kawasan Religi Kelampayan berupa tempat wisata, pasar, dan perkantoran. Keberadaan pasar dan tempat wisata religi berupa makam dengan parkir yang kurang dikelola menyebabkan kendaraan parkir pada badan jalan. Selain itu tingginya volume ruas jalan dan simpang memerlukan rekayasa lalu lintas guna meningkatkan keselamatan, keamanan, kemudahan dan kelancaran bagi pengguna jalan. Metode analisis yang digunakan pana penelitian ini adalah analisis jaringan jalan, analisis simpang, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Permodelan PTV Vissim yang digunakan dapat mengetahui kinerja lalu lintas pada kondisi saat ini dan usulan penanganan sehingga dapat diketahui perbandingan sebelum penanganan dan setelah penanganan. Hasil penerapan usulan parkir on street dan parkir pada halaman kantor menjadi parkir off street, pengadaan fasilitas trotoar dan fasilitas penyeberangan, jenis pengendali tidak bersinyal menjadi simpang bersinyal, serta manajemen kecepatan pada ruas jalan. Usulan setelah penanganan dengan permodelan PTV Visssim menghasilkan nilai tundaan total 123,74 detik menjadi 103,03 detik, Kecepatan Jaringan yang awalnya 22,2 Km/Jam menjadi 23,33 Km/Jam, jarak tempuh total yang awalnya 16,78 Km menjadi 16,87 Km, serta waktu tempuh yang awalnya 45,36 menit menjadi 43,37 menit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kawasan Religi Kelampayan, Kinerja Ruas, Kinerja Simpang, Analisis Parkir, Analisis Pejalan Kaki |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 7 2024 |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:36 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:36 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |