Adijaya, Dingga Arga PERKIRAAN PERUBAHAN POLA PERGERAKAN LALU LINTAS DAN TINGKAT POLUSI UDARA KOTA MADIUN AKIBAT BEROPERASINYA PINTU KELUAR-MASUK TOL MADIUN. PERKIRAAN PERUBAHAN POLA PERGERAKAN LALU LINTAS DAN TINGKAT POLUSI UDARA KOTA MADIUN AKIBAT BEROPERASINYA PINTU KELUAR-MASUK TOL MADIUN. (In Press)
![]() |
Text
DINGGA ARGA ADIJAYA JURNAL.pdf Download (457kB) |
Abstract
Pintu keluar-masuk Tol Madiun terletak di sebelah utara Kota Madiun. Setelah pengoperasiannya terdapat perbedaan pola pergerakan sebelum beroperasi dan setelah beroperasinya pintu keluar- masuk Tol Madiun, terjadi pula perubahan kinerja lalu lintas, dan perubahan tingkat polusi udara di tiap ruas terdampak. Maka perlu adanya suatu kajian mengenai perkiraan perubahan pola pergerakan lalu lintas Kota Madiun akibat pintu keluar-masuk Tol Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola pergerakan lalu lintas Kota Madiun pada kondisi sebelum, setelah beroperasi 2019, dan setelah beroperasinnya pintu keluar-masuk Tol Madiun di tahun rencana 2024. Analisis yang digunakan berupa membandingkan kinerja lalu lintas sebelum beroperasi, setelah beroperasi 2019 dan setelah beroperasinya pintu keluar masuk Tol Madiun di tahun rencana 2024 dengan memodelkannya menggunakan aplikasi PTV Vissum serta mengitung tingkat polusi udara ruas terdampak dengan Metode Hobbs pada tiap kondisi dan di bandingkan dengan nilai ambang batas. Dari hasil analisis, terdapat 24 ruas terdampak dari perbandingan sebelum dan sesudah pengoperasian pintu Tol Madiun, terdapat 13 ruas yang mengalami penurunan kinerja ruas dan 11 ruas yang mengalami peningkatan kinerja ruas. Dengan ruas yang perlu penanganan pada tahun rencana 2024 yaitu ruas Basuki Rahmad 3 dengan V/C Ratio 0,94 dan Ruas S Parman 1 dengan V/C Ratio 0,83. Setelah dilakukan penanganan pada ruas tersebut, terjadi peningkatan kinerja ruas Basuki Rahmad 3 dengan V/C ratio 0,53 dan ruas S Parman 1 dengan V/C ratio 0,58. Untuk tingkat polusi di tahun rencana 2024 terdapat 11 ruas diatas nilai ambang batas polusi udara. Setelah dilakukan penanganan, jumlah ruas yang melebihi nilai ambang batas polusi udara turun menjadi 7 ruas. Kata kunci : Pola Pergerakan Lalu Lintas, Kinerja Lalu Lintas, Dampak Lingkungan , Aplikasi Visum.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | PRODI TRANSDAR DIV |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 01:56 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 01:56 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |