ANALISIS KINERJA LALU LINTAS DI AREA EKSTERNAL TERMINAL KALIJAYA CIKARANG ((STUDI KASUS: JALAN RAYA FATAHILLAH 3, JALAN RE. MARTADINATA 1 & JALAN HOS.COKROAMINOTO 1)

M. HAFIZHAN ZHILLAN ALFITRAH, M. HAFIZHAN ZHILLAN ALFITRAH and FERI WISUDAWANTO, FERI WISUDAWANTO and FAHRI KURNIAWAN, FAHRI KURNIAWAN (2024) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS DI AREA EKSTERNAL TERMINAL KALIJAYA CIKARANG ((STUDI KASUS: JALAN RAYA FATAHILLAH 3, JALAN RE. MARTADINATA 1 & JALAN HOS.COKROAMINOTO 1). ANALISIS KINERJA LALU LINTAS DI AREA EKSTERNAL TERMINAL KALIJAYA CIKARANG (STUDI KASUS: JALAN RAYA FATAHILLAH 3, JALAN RE. MARTADINATA 1 & JALAN HOS.COKROAMINOTO 1). (Submitted)

[img] Text
ANALISIS KINERJA LALU LINTAS DI AREA EKSTERNAL TERMINAL KALIJAYA CIKARANG.pdf

Download (642kB)

Abstract

Terminal Kalijaya merupakan terminal bus tipe B yang berada di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Terminal Kalijaya terletak persis di sebelum pertigaan antara Jalan Raya Fatahillah 3, Jalan RE. Martadinata 1 dan Jalan HOS. Cokroaminoto 1. Permasalahan terjadi pada jam sibuk di pagi, sore bahkan malam hari dikarenakan banyak kendaraan yang ingin melakukan putaran balik di u-turn. Penetlitian ini dilaksanakan dengan metode perhitungan yang diberikan oleh Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia yang diterbitkan oleh Kementrian PUPR. Data primer didapat dari survei inventarisasi jalan, survei volume lalu lintas, survei kecepatan, survei antrian dan tundaan kendaraan, dan survei pejalan kaki. Data pelengkap berupa data sekunder seperti peta jaringan jalan, data kondisi sosio ekonomi, data kependudukan dll. didapat dari instansi bersangkutan. Kinerja ruas jalan terburuk terdapat pada ruas Jalan RE. Martadinata 1 arah ke Barat dengan v/c ratio 0,75 dengan kecepatan 49 km/jam, dan kepadatan 148 kend/km serta ruas Jalan Raya Fatahillah 3 arah ke Barat dengan v/c ratio 0,73 dengan kecepatan 50 km/jam dan kepadatan 145,24 kend/km. Pada u-turn panjang antrian mencapai 75 meter dan waktu tundaan mencapai 45 detik. Dengan menjauhkan lokasi fasilitas putar balik (u-turn) sejauh 250 meter dari lokasi awal dapat mengurai hambatan lalu lintas. Panjang antrian yang semula 71 meter menjadi 47 meter, waktu tundaan yang semula 52 detik menjadi 38 detik. Penambahan fasilitas penyeberangan pejalan kaki disekitar terminal Kalijaya Cikarang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki dan penguna kendaraan. Kata kunci: U-Turn, V/C Ratio, Kinerja Ruas Jalan, Antrian dan Tundaan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 1 2024
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:04
Last Modified: 21 Feb 2025 07:04
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6488

Actions (login required)

View Item View Item