PENGARUH POLA PERGERAKAN LALU LINTAS AKIBAT BEROPERASINYA JALAN BONAKARTA KOTA CILEGON

Krisdiantoro, Muhammad PENGARUH POLA PERGERAKAN LALU LINTAS AKIBAT BEROPERASINYA JALAN BONAKARTA KOTA CILEGON. PENGARUH POLA PERGERAKAN LALU LINTAS AKIBAT BEROPERASINYA JALAN BONAKARTA KOTA CILEGON. (In Press)

[img] Text
JURNAL MUHAMMAD KRISDIANTORO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap kota memiliki pola jaringan jalan yang berbeda-beda, Kota Cilegon merupakan salah satu kota yang memiliki pola jaringan jalan berbentuk Linear. Adanya pembangunan jalan Bonakarta di akses keluar masuk kawasan Central Business District (CBD), membuat bertambahnya alternatif jalan di kawasan CBD, hal ini akan berdampak pada beberapa ruas jalan dan simpang di Kawasan CBD. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian penilaian terhadap pola pergerakan lalu lintas akibat beroperasinya Jalan Bonakarta Kota Cilegon yang dinilai dari kinerja lalu lintas pada kondisi sebelum dan setelah beroperasi serta pada tahun rencana beroperasinya Jalan Bonakarta, yang dilanjutkan dengan usulan rekomendasi akibat pengoperasian Jalan Bonakarta. Analisis yang dilakukan berupa membandingkan pola M. KRISDIANTORO Taruna Program Studi Sarjana Terapan Transportasi Darat Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD Jalan Raya Setu Km 3,5, Cibitung, Bekasi Jawa Barat 17520 muhammadkriss@gmail.com YUDI KARYANTO Dosen Program Studi Sarjana Terapan Transportas Darat Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD Jalan Raya Setu Km 3,5, Cibitung, Bekasi Jawa Barat 17520 SUMANTRI W. PRAJA Dosen Program Studi Sarjana Terapan Transportas Darat Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD Jalan Raya Setu Km 3,5, Cibitung, Bekasi Jawa Barat 17520 pergerakan jaringan, ruas, dan simpang terdampak, pada tahun 2019 tahun eksisting, tahun 2020 sebelum dan setelah beroperasinya, serta tahun 2025 sebelum dan setelah beroperasinya Jalan Bonakarta Kota Cilegon. Dari hasil analisis tahun 2020 dan 2025 sebelum dan setelah beroperasinya Jalan Bonakarta mengalami peningkatan kinerja jaringan. Pada tahun 2020 setelah beroperasinya Bonakarta mengalami peningkatan kinerja jaringan menjadi 2.716,67 kend-jam, 86.698,38 Kend-jam, dan kecepatan jaringan 32,17 km/jam. tahun 2025 setelah beroperasinya Bonakarta mengalami peningkatan menjadi 3.880,99 kend-km, 105.259,96 kend-jam, dan kecepatan jaringan 27,11 km/jam. Keywords: Jalan Bonakarta, Pola Pergerakan, Jaringan Jalan, Kinerja Ruas, Kinerja Simpang, PTV Vissum.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: PRODI TRANSDAR DIV
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:57
Last Modified: 26 Mar 2021 01:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item