RANDHIKA RAMADHAN, RANDHIKA and NYIMAS ARNITA APRILIA, NYIMAS ARNITA APRILIA and TATANG ADHIATNA, TATANG ADHIATNA (2024) KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (56kB) |
Abstract
Abstraks Jalan Soekarno-Hatta merupakan Jalan arteri primer yang menjadi salah satu jalan utama masyarakat melakukan pergerakan untuk keluar masuk Kota Bandung. Jalan Soekarno-Hatta diantara Simpang Gedebage dan Simpang Samsat yang memiliki Derajat kejenuhan 08 dan kecepatan rata-rata dibawah 40 km/jam. Dengan panjang segmen 5,71 terdapat 3 titik bukaan median yang harus mengakomodasi akses sepanjang segmen tersebut menyebabkan tingginya tundan dan antrian.serta konflik lalu lintas pada bukan median yang penataanya kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatlan kinerja lalu lintas pada Jalan Soekarno-Hatta di antara Simpang Gedebage dan Simpang Samsat dengan keberadaan fasilitas putar balik tersebut. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan yaitu analisis kinerja ruas dan analisis permodelan menggunakan Software Vissim. Terdapat 2 usulan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1 penutupan akses jalur cepat ke jalur lambat pada fasilitas putar balik 2 dan 3 kemudian usulan 2 yaitu penutupan akses jalur cepat ke jalur lambat pada fasilitas putar balik, memindahkan fasilitas putar balik 2 sejauh 250 m ke barat serta menambah fasilitas putar balik yang berlokasi di depan SENBIK. Dari usulan yang dibuat kemudian dibandingkan antara eksisting dengan usulan-usulan yang dibangun dan berdasarkan hasil perbandingan diperoleh usulan terbaik terdapat pada usulan 2 dengan kinerja jaringan jalan yaitu tundaan rata-rata menurun menjadi 107,98 det/kend, kecepatan jaringan meningkat menjadi 27,94 km/jam, total jarak perjalanan menjadi 120.093,61 kend-km dan total waktu perjalanan menjadi 4.298,41 kend-jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Putar Balik (U-turn), Kinerja Jaringan, Software Vissim, Penataan. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 2 2024 |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:51 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:51 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6581 |
Available Versions of this Item
-
KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. (deposited 27 May 2025 01:34)
-
KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. (deposited 27 May 2025 01:30)
-
KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. (deposited 27 May 2025 01:28)
- KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. (deposited 22 May 2025 01:51) [Currently Displayed]
-
KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. (deposited 27 May 2025 01:28)
-
KAJIAN FASILITAS PUTAR BALIK (U-TURN) JALAN SOEKARNO-HATTA SIMPANG GEDEBAGE-SIMPANG SAMSAT DI KOTA BANDUNG. (deposited 27 May 2025 01:30)
Actions (login required)
![]() |
View Item |