REIHAN YUDISTYA WARDHANA, REIHAN YUDISTYA WARDHANA and IRFAN HARDIANSYAH, IRFAN HARDIANSYAH and DITA RAMA INSIYANDA, DITA RAMA INSIYANDA (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR BENTENG PANCASILA KOTA MOJOKERTO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (206kB) |
Abstract
Kawasan Pasar Benteng Pancasila merupakan pusat kegiatan lingkungan kecamatan berupa pasar tradisional yang memiliki peran utama sebagai pusat perdagangan kaki lima dan komersil di Kota Mojokerto yang ramai dikunjungi masyarakat. Adanya parkir on street ilegal, ramainya pedagang kaki lima di sepanjang jalan, serta tidak adanya fasilitas pejalan kaki baik trotoar maupun tempat penyeberangan menyebabkan permasalahan lalu lintas berupa kemacetan ketika arus lalu lintas meningkat yang mengganggu kelancaran dan kenyamanan berkendara. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya penanganan terhadap permasalahan lalu lintas dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja jaringan jalan yang ada di Kawasan Pasar Benteng Pancasila saat ini dan menentukan usulan pemecahan masalah guna meningkatkan kinerja jaringan jalan tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, analisis parkir dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia) 2023 dan pemodelan dilakukan dengan Software Vissim. Usulan pemecahan masalah yang diperoleh dari hasil analisis berupa pemindahan parkir on street menjadi parkir off street berbentuk taman parkir, pengadaan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar, pelican crossing, dan zebra cross disertai alat pengaman pengguna jalan berupa pita penggaduh/rumble strip, relokasi pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar dan badan jalan untuk berjualan, penataan simpang dengan optimasi waktu siklus simpang bersinyal dan penambahan rambu prioritas pada simpang tanpa pengendalian, serta penambahan rambu lalu lintas. Hasil dari penelitian didapatkan kinerja jaringan jalan mengalami peningkatan dengan tundaan rata-rata 8,24 detik, kecepatan jaringan 33,79 km/jam, total jarak yang ditempuh 10233 kend-km, dan total waktu perjalanan 304,72 kend-jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemacetan, Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 4 2024 |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:45 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:45 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |