NABILLA ASTRIANA, NABILLA and PUNGKAS HENDRATMOKO, PUNGKAS HENDRATMOKO and HARI BOEDI WAHJONO, HARI BOEDI WAHJONO (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN KOMERSIAL IPIK GANDAMANAH KABUPATEN PURWAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
2. Daftar Isi.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Download (101kB) |
Abstract
Kawasan Komersial Ipik Gandamanah Kabupaten Purwakarta merupakan kawasan yang memiliki peran vital terhadap aksesibilitas masyarakat. Kawasan ini didominasi oleh deretan pertokoan yang meningkatkan aktivitas sisi jalan. Hal tersebut menimbulkan hambatan samping tinggi seperti terdapat kendaraan yang parkir sembarangan, pedagang kaki lima yang berjualan di bahu jalan, kegiatan bongkar muat barang di badan jalan. Tingginya aktivitas sisi jalan tersebut mengganggu arus lalu lintas sehingga kinerja ruas jalan dan simpang menjadi menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui usulan manajemen rekayasa lalu lintas yang dapat diterapkan guna meningkatkan kinerja ruas jalan dan simpang di Kawasan Komersial Ipik Gandamanah. Analisa yang dilakukan memiliki acuan yaitu Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2024, dengan menganalisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, dan analisis pejalan kaki. Usulan yang diterapkan antara lain pembatasan waktu operasional kendaraan barang, penertiban pedagang kaki lima, larangan parkir liar, penyesuaian lebar jalan di Jalan Ipik Gandamanah Segmen 4, menjadikan simpang tak bersinyal menjadi simpang prioritas, dan penyedia fasilitas pejalan kaki. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan setelah penerapan usulan, diperoleh hasil kesimpulan bahwa kinerja ruas jalan dan kinerja simpang mengalami peningkatan setelah penanganan dimana kecepatan kendaraan terendah di Jalan Ipik Gandamanah Segmen 3 berubah dari 16,97 km/jam menjadi 31,83 km/jam dan penurunan waktu tundaan di kaki persimpangan dari 15,76 detik/smp menjadi 13,73 detik/smp.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja ruas jalan dan simpang; manajemen rekayasa lalu lintas |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 1 2024 |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:02 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:02 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6741 |
Available Versions of this Item
-
MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN KOMERSIAL IPIK GANDAMANAH KABUPATEN PURWAKARTA. (deposited 21 May 2025 02:03)
- MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN KOMERSIAL IPIK GANDAMANAH KABUPATEN PURWAKARTA. (deposited 21 May 2025 02:02) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |