MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PERTOKOAN 26 ILIR KOTA PALEMBANG

DWI SEPTARIAN PRANATA, DWI SEPTARIAN PRANATA and TORANG HUTABARAT, TORANG HUTABARAT and GADANG ENDRAYANTO, GADANG ENDRAYANTO (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PERTOKOAN 26 ILIR KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (148kB)

Abstract

Kawasan Pertokoan 26 Ilir merupakan pusat perdagangan di Kota Palembang. Kawasan ini didominasi oleh deretan pertokoan dan terdapat pasar. Tingginya aktivitas perjalanan pada kawasan ini, terdapat hambatan samping pada ruas jalan yang tinggi dikarenakan banyaknya pedagang kaki lima yang menggunakan badan jalan dan aktivitas bongkar muat barang, juga terdapat kendaraan pribadi yang parkir di bagian jalan yang mengurangi kapasitas jalan sehingga menjadi penyebab kemacetan, kurang tersedianya fasilitas perlengkapan jalan serta kurang tersedianya fasilitas pejalan kaki yang aman bagi pejalan kaki. Hambatan samping yang tinggi menyebabkan kinerja ruas jalan dan simpang menjadi menurun. Untuk metode analisis yang digunakan yaitu analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, analisis parkir, analisis pejalan kaki, analisis bongkar muat dan analisis fasilitas perlengkapan jalan. Analisis ini menggunakan metode kuantitatif dan perhitungan dari Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Setelah dilakukan perhitungan untuk penanganan masalah kemudian akan dibandingkan dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil analisis, maka penerapan usulan ini akan menurunkan derajat kejenuhan dari 0,82 menjadi 0,65 di ruas yang paling bermasalah pada kondisi eksisting dan mengurangi tundaan rata-rata pada persimpangan bersinyal dari 48,98 smp/detik menjadi 27,93 simp/detik. Usulan yang diterapkan antara lain menghilangkan hambatan samping pada ruas jalan seperti kegiatan bongkar muat dan pedagang kaki lima pada badan jalan, penentuan waktu siklus yang tepat pada simpang yang bermasalah, pemindahan parkir dari on-street ke parkir off-street, penyediaan fasilitas pejalan kaki dan fasilitas perlengkapan jalan, penentuan waktu pelaksanaan bongkar muat yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Lalu Lintas, Parkir, Fasilitas Pejalan Kaki, Fasilitas Perlengkapan Jalan, Simpang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 17 2024
Date Deposited: 21 May 2025 01:58
Last Modified: 21 May 2025 01:58
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6745

Actions (login required)

View Item View Item