PERENCANAAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI KAWASAN PASAR PATROL KABUPATEN INDRAMAYU

Pebriyanti, Pebriyanti (2020) PERENCANAAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI KAWASAN PASAR PATROL KABUPATEN INDRAMAYU. PERENCANAAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI KAWASAN PASAR PATROL KABUPATEN INDRAMAYU. (In Press)

[img] Text
1702047_PEBRIYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Jalur pantai utara jawa (Pantura) selalu menjadi langganan pemudik dari Jakarta menuju kampung halaman di Pulau Jawa. Salah satu titik macet di jalur ini adalah Pasar Patrol yang menjadi pusat kegiatan ekonomi warga yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penyebab macet paling banyak yang paling banyak adalah lalu lalang orang di Pasar Patrol. Baik pelanggan maupun pedagang banyak yang menyeberang sembarangan. Keadaan tersebut perlu diimbangi dengan penyediaan prasarana transportasi yang memadai, serta langkah-langkah pengaturan terhadap kelancaran arus lalu lintas salah satunya adalah pengaturan terhadap pejalan kaki. Pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan pejalan kaki khususnya dalam menyeberang akan menimbulkan kerawanan terjadinya kecelakaan pejalan kaki dengan kendaraan karena fasilitas penyeberangan tidak tersedia, hal ini dapat menghambat arus lalu lintas kendaraan serta kemungkinan terjadi kecelakaan antara kendaraan dengan pejalan kaki cukup tinggi, sehingga penulis perlu untuk menganalisis kebutuhan fasilitas pejalan kaki di kawasan pasar ini untuk mengurangi kerawanan kecelakaan dari segi prasarana. Dengan adanya fasilitas untuk pejalan kaki akan tercipta suatu kondisi yang aman, nyaman, cepat, ekonomis, dan terbebas dari gangguan pemakai jalan lainnya, baik itu dari arus lalu lintas kendaraan maupun ruang gerak pejalan kaki itu sendiri. Pengolahan dan analisa data yang digunakan adalah mengenai analisa kebutuhan fasilitas pejalan kaki yang berupa lebar trotoar dan jenis fasilitas penyeberangan serta usulan pemecahan masalahnya. Maka usulan lebar efektif trotoar di Jalan Raya Patrol adalah 2 meter dengan mempertimbangkan penambahan jalur fasilitas dan ruang gerak disabilitas. Untuk fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki menggunakan Jembatan Penyeberangan Orang karena hasil perhitungan PV2 menunjukan lebih dari 9,8 × 109 . Kata Kunci: Fasilitas Pejalan Kaki, Trotoar, Jembatan Penyeberangan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: PRODI MTJ DIII
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:06
Last Modified: 23 Feb 2021 06:18
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item