ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN DI SIMPANG TIGA JALAN RAYA PASAR SETU-JALAN R. SUPRAPTO SETU KABUPATEN BEKASI

WISNU DWI SUSONO, WISNU and BOBBY AGUNG HERMAWAN, BOBBY AGUNG HERMAWAN and EKO PRIMADI HENDRI, EKO PRIMADI HENDRI ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN DI SIMPANG TIGA JALAN RAYA PASAR SETU-JALAN R. SUPRAPTO SETU KABUPATEN BEKASI. ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN DI SIMPANG TIGA JALAN RAYA PASAR SETU-JALAN R. SUPRAPTO SETU KABUPATEN BEKASI. (Submitted)

[img] Text
Jurnal Wisnu Dwi Susono.pdf

Download (1MB)

Abstract

Simpang tiga Jalan raya pasar setu – jalan R. Suprapto Kabupaten Bekasi. Merupakan daerah Potensi kecelakaan menurut data Laporan Umum PKL Kabupaten Bekasi Tahun 2023. Dengan kondisi yang demikian, permasalahan lalu lintas berupa kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan dengan menganalisis permasalahan tersebut. Analisis Konflik Lalu Lintas yang digunakan dalam penelitian ini di desain untuk memberikan gambaran tentang tingkat keselamatan. Traffic Conflict Technique adalah suatu metode untuk mengobservasi yang dilakukan dengan cara mendata kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident) serta melihat pola terjadinya kecelakaan. Traffic Conflict Technique dikembangkan oleh Departement of Traffic Planning and Engineering di Lund University di Swedia. Analisis yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode Traffic Conflict Technique yang diaplikasikan pada data pengamatan titik-titik lalu lintas yang memiliki potensial terhadap terjadinya kecelakaan. Penelitian menggunakan hasil survey. Lokasi studi adalah Simpang tiga Jalan raya pasar setu – jalan R. Suprapto Kabupaten Bekasi yang merupakan daerah Potensi kecelakaan sehingga dengan menggunakan metode Traffic Conflict Technique yang dilakukan adalah dalam skala mikro yang bertujuan mencapai “zero accident”. Namun demikian, hasil dari penggunaan metode Traffic Conflict Technique dapat dikembangkan untuk skala tingkat kejadian yang lebih besar dan dapat diterapkan pada lokasi lain. Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran untuk memperkirakan kecelakaan sehingga akan dapat dilakukan upaya-upaya atau tindakan preventif untuk peningkatan keselamatan lalu lintas yang bertujuan mencegah kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan para pengguna jalan dengan cara mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 18 2024
Date Deposited: 06 Jan 2025 14:17
Last Modified: 06 Jan 2025 14:17
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6806

Actions (login required)

View Item View Item