ANGGITA MELIASARI, ANGGITA and NYIMAS ARNITA APRILIA, NYIMAS ARNITA APRILIA and YUDI KARYANTO, YUDI KARYANTO (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR CIROYOM KOTA BANDUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (62kB) |
Abstract
Kawasan Pasar Ciroyom merupakan Kawasan komersial yang terdiri dari pusat perdagangan, jasa, serta Pendidikan. Oleh karena itu, tarikan yang ditimbulkan dari Kawasan ini relatif tinggi. Selain itu, tingginya hambatan samping yang disebabkan oleh kurangnya penataan pedagang kaki lima serta parkir di badan jalan menyebabkan berkurangnya lebar efektif jalan. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dengan memaksimalkan penggunaan ruang jalan sesuai dengan kapasitasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa berpengaruh jika dilakukan upaya penanganan dan tidak dilakukan upaya penanganan manajemen rekayasa lalu lintas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan perhitungan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (PKJI 2023). Penelitian mencakup analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, analisis jaringan jalan, analisis parkir, serta analisis pejalan kaki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan upaya penanganan berupa pengurangan hambatan samping (penataan pedagang kaki lima dan parkir), sistem satu arah (SSA), dilakukan pemindahan parkir on-street menjadi off-street dan penataan pejalan kaki didapatkan tundaan rata-rata sebesar 11,87 det/smp, kecepatan jaringan 40,70 km/jam, total jarak yang ditempuh 6982,96 kend-km, dan total waktu perjalanan sebesar 171,55 kend-jam. Kawasan ini memerlukan 69 SRP mobil dan 195 SRP motor untuk parkir off-street serta memerlukan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar dan pelican pada Jalan Rajawali Timur II, Jalan Rajawali Timur III, dan Jalan Arjuna III.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Penataan, Kinerja, Hambatan Samping |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Anggita Anggita Meliasari Anggita |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:47 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:47 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6825 |
Available Versions of this Item
-
MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR CIROYOM KOTA BANDUNG. (deposited 27 May 2025 01:37)
-
MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR CIROYOM KOTA BANDUNG. (deposited 21 May 2025 01:54)
- MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR CIROYOM KOTA BANDUNG. (deposited 21 May 2025 01:47) [Currently Displayed]
-
MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR CIROYOM KOTA BANDUNG. (deposited 21 May 2025 01:54)
Actions (login required)
![]() |
View Item |