Peningkatan Kinerja Ruas dan Simpang Pada Jalan Kejayan Tosari Kabupaten Pasuruan

AMANDA SATRIA BAGASKARA, AMANDA SATRIA BAGASKARA and GUNTORO ZAIN MA’ARIF, GUNTORO ZAIN MA’ARIF and SITI KHADIJAH KOTO, SITI KHADIJAH KOTO (2024) Peningkatan Kinerja Ruas dan Simpang Pada Jalan Kejayan Tosari Kabupaten Pasuruan. Peningkatan Kinerja Ruas dan Simpang Pada Jalan Kejayan Tosari Kabupaten Pasuruan. pp. 1-12.

[img] Text
Peningkatan Kinerja Ruas dan Simpang Pada Jalan Kejayan Tosari Kabupaten Pasuruan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah penduduk yang tinggi. Dengan kondisi tersebut maka akan menimbulkan mobilitas dan aktivitas transportasi yang tinggi sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja lalu lintas di Kabupaten Pasuruan. Salah satu dampak dari mobilitas masyarakat yang tinggi adalah adanya permasalahan lalu lintas pada jalan dan simpang di Kabupaten Pasuruan. Ruas jalan yang terdampak ada Ruas Jalan Kejayan Tosari dan tiga simpang yang berada pada ruas jalan tersebut, yaitu Simpang 4 Warungdowo, Simpang 3 Pengkol dan Simpang 3 Ranggeh yang ditandai dengan waktu tundaan pada Simpang 4 Warungdowo sebesar 63,2 detik; Simpang 3 Pengkol 14,74 detik dan Simpang 3 Ranggeh sebesar 15,54 detik. Serta untuk kendaraan yang melewati ruas Jalan Kejayan-Tosari segmen 1 memiliki kecepatan rata-rata sebesar 26,8 km/jam sedangkan untuk segmen 2 sebesar 27,4 km/jam. Dengan adanya persmasalahan kinerja lalu lintas diatas, maka perlu dilakukan beberapa usulan untuk meningkatkan kinerja lalu lintas yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang yang kemudian dilakukan permodelan dengan menggunakan softwarre PTV Vissim. Untuk indikator dari kinerja persimpangan adalah derajat kejenuhan, antrian dan tundaan. Sedangkan untuk indikator dari kinerja ruas jalan adalah v/c ratio, kecepatan perjalanan dan kepadatan. Dari hasil analisis yang dilakukan didapatkan usulan peningkatan kinerja lalu lintas berupa peningkatan kapasitas pada ruas dan simpang, optimasi cycle time, pemasangan APILL pada simpang tidak bersinyal dan pemasangan fasillitas perlengkapan jalan berupa rambu. Dengan hasil usulan diatas didapatkan bahwa kinerja lalu lintas pada daerah kajian menjadi lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persimpangan, Simpang Bersinyal, Simpang Tidak Bersinyal, Kinerja Ruas Jalan, PTV Vissim
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 17 2024
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:52
Last Modified: 03 Sep 2024 07:52
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6897

Actions (login required)

View Item View Item