PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PERDAGANGAN TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG

BERLIANISA, BERLIANISA and RICKO YUDHANTA, RICKO YUDHANTA and OCTADIAN PRATIWANGGONO, OCTADIAN PRATIWANGGONO (2024) PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PERDAGANGAN TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG. PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PERDAGANGAN TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG. ISSN POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD (Submitted)

[img] Text
Berlianisa_2001074_Jurnal.pdf

Download (802kB)

Abstract

Banyaknya aktivitas di Kawasan Perdagangan Teluk Betung Kota Bandar Lampung menyebabkan timbulnya beberapa permasalahan transportasi yang menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan dan kecepatan lalu lintas di wilayah ini. Berkurangnya kapasitas jalan dan kecepatan lalu lintas di Kawasan Perdagangan Teluk Betung Kota Bandar Lampung disebabkan oleh tingginya hambatan samping dan berkurangnya lebar efektif ruas jalan yang disebabkan parkir di badan jalan (on street) yang belum tertata, aktivitas bongkar muat, pejalan kaki yang berjalan di badan jalan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan analisis penerapan usulan penataan lalu lintas untuk meningkatkan kinerja lalu lintas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja ruas jalan dan simpang, analisis kinerja jaringan, analisis pejalan kaki, analisis parkir dan analisis waktu bongkar muat. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di lokasi studi. Untuk analisis kinerja jaringan pada skenario dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi Vissim. Hasil kinerja jaringan usulan tersebut kemudian akan dibandingkan untuk diperoleh kesimpulan. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Berdasarkan hasil analisis usulan terbaik, usulan yang dilakukan yaitu melakukan penataan parkir, penyediaan fasilitas pejalan kaki menyusuri dan penyebrang jalan, melakukan pengaturan waktu aktivitas bongkar muat dan waktu operasional kendaraan berat angkutan barang, serta melengkapi rambu perlengkapan jalan. Dengan penerapan usulan penataan lalu lintas, kinerja jaringan jalan pada kawasan Perdagangan Teluk Betung Kota Bandar Lampung yaitu tundaan rata-rata 32,66 detik, kecepatan perjalanan 38,86 km/jam, Total jarak yang ditempuh 2544,66 kend-km, dan total waktu perjalanan 63,84 kend-jam. Kata Kunci: Kinerja Jaringan Jalan, Pejalan Kaki, Parkir, Waktu Bongkar Muat dan Operasional Kendaraan Berat Angkutan Barang, Aplikasi Vissim

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keywords: Road Network Performance, Pedestrians, Parking, Loading and Unloading Time and Cargo Transportation Heavy Vehicle Operations, Vissim Application
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 18 2024
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:32
Last Modified: 21 Feb 2025 07:32
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6911

Actions (login required)

View Item View Item