PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE C BUBULAK DI KOTA BOGOR IMPROVING SERVICE PERFORMANCE BUBULAK TYPE C TERMINAL IN BOGOR CITY

Arisa Jheni Handini, Risa and YUDI KARYANTO, YUDI KARYANTO and RIKA MARLIA, RIKA MARLIA (2024) PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE C BUBULAK DI KOTA BOGOR IMPROVING SERVICE PERFORMANCE BUBULAK TYPE C TERMINAL IN BOGOR CITY. PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE C BUBULAK DI KOTA BOGOR IMPROVING SERVICE PERFORMANCE BUBULAK TYPE C TERMINAL IN BOGOR CITY. pp. 1-18.

[img] Text
DRAFT JURNAL_ARISA JHENI HANDINI_2102057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terminal merupakan bagian dari jaringan pelayanan transportasi sebagai simpul dari suatu rangkaian jaringan transportasi jalan. Keberadaan terminal berperan dalam menentukan tingkat kinerja dari pelayanan angkutan umum dalam suatu wilayah. Terminal Bubulak merupakan terminal tipe C yang berlokasi di Jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor dengan luas eksisting sebesar 10.008 m2 . Terminal ini melayani 3 rute trayek angkutan perkotaan, 2 trayek Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), 1 trayek Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 2 trayek Bus Transpakuan, dengan demand angkutan umum yang masuk terminal yaitu sebesar 456 kendaraan dan demand penumpang yang memasuki terminal yaitu sebesar 1988 orang. Namun dalam penyelenggaraannya terdapat permasalahan yaitu Kinerja pelayanan Terminal Tipe C Bubulak di Kota Bogor yang ada saat ini kurang optimal dan kondisi kurang layak, kurangnya kepuasan pengguna terminal terhadap kinerja pelayanan terminal serta kondisi jalan Terminal Tipe C Bubulak di Kota Bogor saat ini banyak yang rusak sehingga sirkulasi angkutan umum tidak teratur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif evaluatif dengan membandingkan kondisi eksisting dengan standar yang ada, sedangkan kinerja pelayanan menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan kepuasan pelanggan dengan mengukur tingkat kepetingan. Dari Hasil analisis luas kebutuhan lahan pembangunan fasilitas utama dan fasilitas penunjang yaitu 3.538,7 m2 , dan terdapat 13 prioritas utama peningkatan pelayanan yaitu pos fasilitas pemeriksaan kelaikan kendaraan umum, informasi fasilitas pemeriksaan dan perbaikan ringan kendaraan, ruang tunggu, fasilitas peribadatan, toilet, area merokok, letak jalur pemberangkatan, letak jalur kedatangan, drainase, lampu penerangan ruangan, informasi pelayanan, tempat naik turun penumpang dan ruang ibu menyusui, serta dilakukan pengaturan sirkulasi di terminal agar tidak terjadi konflik dan mengganggu keselamatan serta kinerja di terminal antara angkutan umum, kendaraan pribadi, dan penumpang/pejalan kaki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Terminal, Kinerja Pelayanan, Importance Performance Analysis
Subjects: K Law > K Law (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 6 2024
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:24
Last Modified: 02 Sep 2024 06:24
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item