OPTIMALISASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERDESAAN DI KABUPATEN SUKABUMI (Studi Kasus Trayek 02.01, 02.02 dan 02.03)

SILVIA APLIANI, VIA and DEDE AMIRUDIN, DEDE and ROBERT SIMANJUNTAK, ROBERT SIMANJUNTAK (2024) OPTIMALISASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERDESAAN DI KABUPATEN SUKABUMI (Studi Kasus Trayek 02.01, 02.02 dan 02.03). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
FX COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (77kB)

Abstract

Angkutan perdesaan yang ada di Kabupaten Sukabumi memliki beberapa permasalahan khususnya pada trayek 02.01, 02.02 dan 02.03 yaitu faktor muat yang rendah belum memenuhi standar pelayanan minimal yaitu 70%, waktu tunggu yang lama hingga 38 menit, headway yang lama hingga mencapai 1 jam, frekuensi kendaraan yang rendah yaitu hanya 3 kendaraan per jam, serta perolehan rit per hari hanya 2 rit, tingkat operasi yang rendah, tingkat tumpang tindih yang tinggi yaitu mencapai 100% bertumpang tindih dengan 2 trayek lainnya dan umur kendaraan yang relatif tua yaitu mencapai 30 – 40 Tahun. Rendahnya faktor muat karena disebabkan kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum dan rendahnya pendapatan operator sehingga terdapat operator yang mengalami kerugian. Hal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja pelayanan pada trayek 02.01, 02.02 dan 02.03, penataan rute trayek, penentuan kebutuhan jumlah armada, dan perhitungan biaya operasional kendaraan serta tarif usulan. Hasil penelitian ini yaitu diperoleh satu trayek usulan setelah dilakukan penataan rute trayek untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan pada trayek usulan yaitu jumlah armada yang dibutuhkan 15 armada, dengan faktor muat 70%, waktu tunggu 6 menit, headway 9 menit, frekuensi 7 kendaraan per jam, dan perolehan rit bertambah menjadi 4 rit. Kata Kunci : Angkutan Perdesaan, Kinerja pelayanan, Optimalisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan Perdesaan, Kinerja pelayanan, Optimalisasi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 3 2024
Date Deposited: 19 May 2025 01:25
Last Modified: 19 May 2025 01:25
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7070

Actions (login required)

View Item View Item