Arisa Jheni Handini, Arisa and YUDI KARYANTO, YUDI KARYANTO and RIKA MARLIA, RIKA MARLIA (2024) PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE C BUBULAK DI KOTA BOGOR. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia- STTD.
![]() |
Text
cover.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
bab 1 (2).pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
bab 2 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 3 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 4 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 5 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 6 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
Abstract
Terminal merupakan bagian dari jaringan pelayanan transportasi sebagai simpul dari suatu rangkaian jaringan transportasi jalan. Keberadaan terminal berperan dalam menentukan tingkat kinerja dari pelayanan angkutan umum dalam suatu wilayah. Terminal Bubulak merupakan terminal tipe C yang berlokasi di Jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor dengan luas eksisting sebesar 10.008 m2 . Terminal ini melayani 3 rute trayek angkutan perkotaan, 2 trayek Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), 1 trayek Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 2 trayek Bus Transpakuan, dengan demand angkutan umum yang masuk terminal yaitu sebesar 456 kendaraan dan demand penumpang yang memasuki terminal yaitu sebesar 1988 orang. Namun dalam penyelenggaraannya terdapat permasalahan yaitu Kinerja pelayanan Terminal Tipe C Bubulak di Kota Bogor yang ada saat ini kurang optimal dan kondisi kurang layak, kurangnya kepuasan pengguna terminal terhadap kinerja pelayanan terminal serta kondisi jalan Terminal Tipe C Bubulak di Kota Bogor saat ini banyak yang rusak sehingga sirkulasi angkutan umum tidak teratur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif evaluatif dengan membandingkan kondisi eksisting dengan standar yang ada, sedangkan kinerja pelayanan menggunakan analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan kepuasan pelanggan dengan mengukur tingkat kepetingan. Dari Hasil analisis luas kebutuhan lahan pembangunan fasilitas utama dan fasilitas penunjang yaitu 3.538,7 m2 , dan terdapat 13 prioritas utama peningkatan pelayanan yaitu pos fasilitas pemeriksaan kelaikan kendaraan umum, informasi fasilitas pemeriksaan dan perbaikan ringan kendaraan, ruang tunggu, fasilitas peribadatan, toilet, area merokok, letak jalur pemberangkatan, letak jalur kedatangan, drainase, lampu penerangan ruangan, informasi pelayanan, tempat naik turun penumpang dan ruang ibu menyusui, serta dilakukan pengaturan sirkulasi di terminal agar tidak terjadi konflik dan mengganggu keselamatan serta kinerja di terminal antara angkutan umum, kendaraan pribadi, dan penumpang/pejalan kaki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terminal, Kinerja Pelayanan, Importance Performance Analysis |
Subjects: | K Law > K Law (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 6 2024 |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:24 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:24 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |