RIANTI IDA ROYANI, RIANTI IDA ROYANI and I MADE ARKA HERMAWAN, I MADE ARKA HERMAWAN and FAUZI, FAUZI (2024) PENATAAN PARKIR ON STREET GUNA MENINGKATKAN KINERJA RUAS JALAN DI KAWASAN PASAR KEPANJEN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (153kB) |
Abstract
Kepanjen merupakan salah satu daerah dari 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. Luas kawasan Kecamatan Kepanjen secara keseluruhan adalah sekitar 46,25 km2 atau sekitar 1,55 persen dari total luas Kabupaten Malang. Salah satu tempat yang mempunyai tarikan perjalanan yang cukup tinggi adalah Kawasan Pasar Kepanjen yang dimana merupakan kawasan CBD (Central Bussines District), dengan lebar pasar utama 15.403 m2 dan luas pasar hewan 3.282 m2. Pada kawasan ini didapatkan hambatan samping berupa parkir yang tidak sesuai tempatnya, seperti parkir pada jalan nasional. Adanya parkir on street disepanjang jalan Ahmad Yani 2 pada kawasan pasar Kepanjen menimbulkan persoalan karena beroperasi tidak pada tempatnya, mengingat status jalan Ahmad Yani 2 merupakan jalan nasional. Tingginya hambatan samping pada kawasan ini dibuktikan dengan data pedagang kaki lima yang berjualan di arah timur sebanyak 91 lapak dan pada arah utara sebanyak 52 lapak yang menempati ruas jalan sekitar pasar Kepanjen. Dengan banyaknya pedagang kaki lima yang menempati bahu jalan sekitar pasar menyebabkan para pengendara tertarik untuk membeli barang dagangan dari pedagang kaki lima sehingga pengendara memarkirkan kendaraanya tepat didepan lapak pedagang kaki lima tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja ruas jalan di kawasan Pasar Kepanjen melalui penataan parkir on-street dan penanganan masalah pedagang kaki lima. Kawasan ini sering mengalami kemacetan yang disebabkan oleh tingginya aktivitas parkir di badan jalan dan banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan di bahu jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei lalu lintas, analisis kinerja jalan, dan perencanaan ulang tata letak parkir serta penataan area untuk pedagang kaki lima. Data diperoleh dari observasi langsung dan survei lalu lintas di lapangan. Analisis dilakukan dengan menggunakan model simulasi lalu lintas untuk mengidentifikasi permasalahan utama dan menguji efektivitas berbagai skenario penataan parkir dan relokasi pedagang kaki lima. Setelah dilakukan penelitian dan penataan parkir dengan beberapa skenario pada kawasan pasar, didapatkan jumlah petak parkir sebanyak 153 SRP (sepeda motor) dan 18 SRP (kendaraan beroda empat/mobil) pada jalan Banurejo 1 menggunakan sudut 60º. Dengan dilakukannya penataan parkir berdampak pada perubahan kinerja jaringan jalan seperti pada kecepatan dari 24,99 km/jam menjadi 33,00 km/jam, total waktu tempuh perjalanan dari 60,01 kend-km menjadi 28,59 kend-jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan parkir yang lebih teratur dan penataan area pedagang kaki lima dapat mengurangi panjang antrian kendaraan, meningkatkan kecepatan rata-rata lalu lintas, dan mengurangi kemacetan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Penataan Parkir, Lalu Lintas, Sistem Satu Arah, PTV Vissim |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 9 2024 |
Date Deposited: | 17 May 2025 13:14 |
Last Modified: | 17 May 2025 13:14 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |