OPTIMALISASI RUAS JALAN DAN KINERJA SIMPANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS DI SIMPANG 4 AIRAN RAYA, SIMPANG 3 WAY KANDIS DAN RUAS JALAN AIRAN RAYA)

FITRAH ARI SYAFA'AT, FITRAH and RICKO YUDHANTA, RICKO YUDHANTA and AZHAR HERMAWAN RIYANTO, AZHAR HERMAWAN RIYANTO (2024) OPTIMALISASI RUAS JALAN DAN KINERJA SIMPANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS DI SIMPANG 4 AIRAN RAYA, SIMPANG 3 WAY KANDIS DAN RUAS JALAN AIRAN RAYA). OPTIMALISASI RUAS JALAN DAN KINERJA SIMPANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS DI SIMPANG 4 AIRAN RAYA, SIMPANG 3 WAY KANDIS DAN RUAS JALAN AIRAN RAYA). (Submitted)

[img] Text
Jurnal Fitrah Ari Syafa'at.pdf

Download (661kB)

Abstract

Dalam perkembangan urbanisasi yang pesat, kepadatan lalu lintas menjadi salah satu tantangan utama dalam pengelolaan transportasi perkotaan. Kota bandar lampung, termasuk Simpang 4 Airan Raya dan Simpang 3 Way Kandis, menghadapi peningkatan yang signifikan dalam volume Kendaraan, khususnya pada jam-jam sibuk. Fenomena ini mengakibatkan dampak negatif berupa kemacetan yang merugikan efisiensi perjalanan dan mengundang risiko kecelakaan kendaraan, khususnya pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja persimpangan jika dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas berupa peningkatan simpang tanpa perubahan geometri dan dengan perubahan geometri. Data yang digunakan untuk perhitungan diperoleh dari data survei ineventarisasi simpang, survei pencacahan lalu lintas, survei gerakan membelok, dan kecepatan. Indikator pembanding yang digunakan adalah tingkat pelayanan simpang berupa derajat kejenuhan, panjang antrian, waktu tundaan, kecepatan jaringan, dan waktu perjalanan rata-rata. Metode analisis yang digunakan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan sistem APILL terkoordinasi adalah skenario yang paling efektif dan dapat mengurangi panjang antrian dan lama waktu tundaan cukup signifikan. Serta jika dilihat dari hasil analisis kinerja jaringan, peningkatan simpang APILL dengan perubahan geometri dapat mengurangi derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan simpang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: APILL, Kinerja Persimpangan, kinerja ruas jalan, PKJI
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 18 2024
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:42
Last Modified: 21 Feb 2025 07:42
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7145

Actions (login required)

View Item View Item