PENINGKATAN KESELAMATAN JALAN PADA JALAN RAYA BATU LAWANG KM 2-3,1 KOTA BANJAR

NAUFAL HILMY FADHILAH, NAUFAL HILMY and MEGA SURYANDARI, MEGA SURYANDARI and DANI HARDIANTO, DANI HARDIANTO (2024) PENINGKATAN KESELAMATAN JALAN PADA JALAN RAYA BATU LAWANG KM 2-3,1 KOTA BANJAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (104kB)

Abstract

Jalan Raya Batu Lawang merupakan jalan Nasional yang memiliki fungsi jalan kolektor dengan tipe jalan 2/2 TT termasuk 4 besar Daerah Rawan Kecelakaan dimana tahun 2021-2023 telah terjadi kecelakaan sebanyak 31 Kejadian, 9 orang korban meninggal dunia, 6 orang korban luka berat, dan 38 orang korban luka ringan. Dengan Kerugian materi mencapai Rp. 85.000.000,00-. Kecepatan rata-rata kendaraan pada jalan Raya Batu Lawang yang melintas 65 km/jam tidak terdapat rambu pada ruas jalan Nasional yaitu paling tinggi 60 km/jam serta tidak didukungan dengan prasarana seperti rambu dan marka pada jalan ini beberapa sudah pudar, beberapa lampu penerang diantaranya rusak, terdapat pula warning light yang sudah tidak layak dan banyaknya tikungan yang tajam sehingga dapat menimbulkan konflik lalu lintas, ditemukan dibeberapa titik jalan yang rusak sehingga dapat membahayakan pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Batu Lawang tersebut. Identifikasi faktor penyebab kecelakaan pada Jalan Raya Batu Lawang disebabkan 3 faktor yakni faktor manusia, faktor prasarana dan faktor lingkungan. Berdasarkan analisis kecepatan pada Jalan Raya Batu Lawang kecepatan rata-rata kendaraan tertinggi yang melaju yakni sepeda motor baik dari arah masuk dan keluar kota banjar untuk kecepatan sepeda motor 70 km/jam, untuk jarak pandang henti dengan kecepatan rencana 60 km/jam adalah 84,64 meter. Berdasarkan analisis HIRADC didapatkan beberapa yang memiliki nilai risk level extreme sebanyak 1 hazard, risk level moderate sebanyak 11 hazard, dan risk level low 6 hazard dan radius tikung sebanyak 10 tikungan dari 6 segmen yang mana segmen 3 yang memiliki nilai radius berbahaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: accident chronology, causal factors, instantaneous speed, stopping visibility, HIRADC and bend radius.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 1 2024
Date Deposited: 17 May 2025 13:05
Last Modified: 17 May 2025 13:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7175

Actions (login required)

View Item View Item