UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA IR PM NOOR DI KABUPATEN BANJ

AHMAD FARIZI, AHMAD FARIZI and SUDIRMAN ANGGADA, SUDIRMAN ANGGADA and SUGITA, SUGITA (2024) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA IR PM NOOR DI KABUPATEN BANJ. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
cover.pdf

Download (137kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (65kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (54kB)

Abstract

Kabupaten Banjar adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan dengan ibu kotanya adalah Banjarbaru. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.668 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 563.444 jiwa. Berdasarkan data kecelakaan tahun 2018-2022 diperoleh kecelakaan tertinggi terjadi pada tahun 2022 yaitu kejadian kecelakaan dan kecelakaan tertinggi terjadi di bulan Agustus sebanyak 13 kecelakaan. Penyebab kecelakaan terbesar adalah faktor manusia dengan 273 kejadian dengan korban terbanyak pada usia 16-30 tahun, berdasarkan pendidikan korban kejadian terbanyak yaitu dengan pendidikan SMA dengan 150 korban. Berdasarkan data kecelakaan dari Satuan Kepolisian Resor Kabupaten Banjar, ruas jalan yang merupakan lokasi rawan kecelakaan dengan tingkat keparahan tertinggi yaitu pada Ruas Jalan IR PM NOOR dengan 19 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan jumlah korban meninggal sebanyak 16 orang, korban luka ringan sebanyak 7 orang,korban luka berat sebanyak 4 orang pada tahun 2018-2022. Oleh karena itu, untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya IR PM NOOR diperlukan sebuah penanganan yang sistematis dan terstruktur dalam penanganan masalah kecelakaan lalu lintas yang ada. Analisis yang digunakan adalah analisis karakteristik data kecelakaan, analisis Hazard. Hasil analisis dari penelitian ini adalah hasil penilaian risiko pada Jalan Raya IR PM NOOR melalui analisa dan evaluasi risiko, terdapat hasil yaitu Jalan tikungan dengan Risk Level Extreme Risk, Pohon yang tinggi dan besar berada di dekat badan jalan dengan Risk Level Low Risk, Parkir liar dengan Risk Level Moderate Risk dan Rekomendasi dalam upaya penanganan dan peningkatan keselamatan lalu lintas pada ruas Jalan Raya IR PM NOOR yaitu berupa pengusulan desain jalan yang berkeselamatan yang meliputi manajemen kecepatan dengan menentukan batas kecepatan dengan menentukan batas kecepatan 60 km/jam. Melengkapi perlengkapan jalan seperti pita penggaduh, rambu serta penerangan lampu jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Safety Improvement, HAZARDS, Accident Cause Factors, Accident data characteristics
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 4 2024
Date Deposited: 14 May 2025 04:11
Last Modified: 14 May 2025 04:11
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item