Genta, Arie and RACHMAT SADILI, RACHMAT SADILI and BAMBANG DRAJAT, BAMBANG DRAJAT (2021) PEMODELAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANTARA LRT SUMSEL DAN BUS TRANSMUSI LINTAS BUMI SRIWIJAYA-KOMPLEK OPI. PEMODELAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANTARA LRT SUMSEL DAN BUS TRANSMUSI LINTAS BUMI SRIWIJAYA-KOMPLEK OPI. (In Press)
![]() |
Text
ARIE GENTA XXIV.1.027 JURNAL(1).pdf Download (638kB) |
Abstract
Keberagaman moda transportasi yang melayani lintas Bumi Sriwijaya menuju Komplek Opi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk perjalanan bekerja, belanja, dan pulang setelah bekerja menyebabkan terjadinya pemilihan moda transportasi yang dilakukan oleh calon pengguna. Saat ini antara Bumi Sriwijaya dan Komplek Opi dilayani oleh moda Bus Transmusi dan moda LRT Sumsel yang keduanya memiliki keunggulan masing-masing dari segi tarif, waktu tempuh dan waktu menunggu. Dalam penelitian ini, pengguna moda Bus Transmusi lebih banyak daripada pengguna moda LRT Sumsel karena moda bus dinilai lebih murah dengan perjalanan yang banyak dalam sehari. Untuk meningkatkan dan mengetahui indikator perjalanan yang paling mempengaruhi pengguna dalam memilih moda maka digunakan model logit binomial nisbah. Dengan memberikan pilihan terhadap kondisi baru dari LRT Sumsel yang menawarkan perubahan pada faktor kuantitatif seperti tarif, waktu tempuh dan waktu menunggu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan proporsi seimbang pengguna moda LRT Sumsel dan Bus Transmusi (PKA = PBUS) akan tercapai apabila generalized cost LRT 1, 14 kali dari generalized cost Bus Transmusi. Dengan indikator perjalanan paling sensitif adalah waktu menunggu. Kata Kunci: Model Logit Binomial Nisbah, Indikator Perjalanan, dan Waktu Menunggu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | PRODI TRANSDAR DIV |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 02:27 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:07 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |