ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN EXIT TOL PRINGAPUS PADA RUAS TOL SEMARANG - SOLO TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KABUPATEN SEMARANG

Muhammad Pangeran Langit Al Biru, Muhammad Pangeran Langit Al Biru and Masrono Yugihartiman, Masrono Yugihartiman and Bambang Wijonarko, Bambang Wijonarko (2024) ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN EXIT TOL PRINGAPUS PADA RUAS TOL SEMARANG - SOLO TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KABUPATEN SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (55kB)

Abstract

Pengembangan exit tol baru pada ruas Tol Semarang – Solo menjadi rencana pemerintah Kabupaten Semarang sebagai upaya untuk mendorong percepatan pengembangan fungsi kawasan yang diproyeksikan sebagai penyangga perekonomian di Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pelayanan jaringan jalan sebelum dan setelah adanya exit tol serta memberikan saran mitigasi penanganannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui analisis kapasitas jalan dengan PKJI 2023, peramalan menggunakan pendekatan exit tol lain, serta pemodelan Do-something. Dari hasil penelitian didapatkan hasil dengan beroperasinya exittol membawa dampak bangkitan dan tarikan perjalanan baru, dari hasil analisa saat exit tol beroperasi tahun 2025 akan menimbulkan bangkitan perjalanan sebesar 437 SMP/Jam, sedangkan tarikan perjalanan sebesar 468 SMP/Jam. Dan saat tahun evaluasi 2030 setelah beroperasi selama 5 (lima) tahun akan membangkitan perjalanan sebesar 457 SMP/Jam dan menarik perjalanan sebesar 468 SMP/jam. Permasalahan yang timbul dengan adanya perjalanan baru tersebut menjadikan beban lalu lintas meningkat bagi ruas jalan disekitar lokasi operasi exit tol dan akan menimbulkan konflik lalu lintas baru pada Jalan Karangjati – Klepu khususnya sehingga terjadi antrian dan tundaan kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Exit Tol, Traffic Performance, Traffic Impact
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 17 2024
Date Deposited: 09 May 2025 03:15
Last Modified: 09 May 2025 03:15
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7331

Actions (login required)

View Item View Item