MAKHMUDAH, IFTI AZMI and HERMAWAN, I MADE ARKA and NOMIN, NOMIN (2024) PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PENGEMBANGAN INDUSTRI DAN PENDIDIKAN DI KEPANJEN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ruas Jalan Kepanjen-Kendalpayak merupakan jalan kolektor primer yang menjadi salah satu jalan alternatif sekaligus jalan penghubung antar Kota Malang-Kabupaten Malang yang didominasi jenis guna lahan industri dan pendidikan. Bercampurnya pengembangan kawasan industri dan pendidikan pada ruas jalan ini meningkatkan distribusi perjalanan yg tinggi terutama di pagi hari dan sore hari dikarenakan kendaraan bergerak dan tiba di waktu yang bersamaan. Mayoritas pelajar dan karyawan industri menggunakan kendaraan pribadi sehingga berpengaruh pada besarnya volume lalu lintas. Tak hanya proporsi kendaraan pribadi yang tinggi tetapi proporsi angkutan barang juga tinggi. Peningkatan penggunaan kendaraan ini berdampak pada infrastruktur jalan yang ada, peningkatan beban lalu lintas, dan risiko kecelakaan yang lebih tinggi sehingga diperlukan strategi dalam menentukan dan merekomendasikan kebijakan rekayasa lalu lintas guna mengoptimalkan kinerja lalu lintas. Penyelesaian masalah pada penelitian ini menggunakan metode analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, analisis pejalan kaki, analisis parkir, dan analisis mikrosimulasi menggunakan PTV Vissim. Analisis ini dilakukan dengan memanfaatkan data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan serta data sekunder yang diambil dari instansi terkait. Analisis mikrosimulasi menggunakan PTV Vissim akan menghasilkan output berdasarkan skenario-skenario yang dibuat. Kinerja jaringan yang diperoleh setelah dilakukannya penanganan yakni memiliki tundaan rata-rata 18,96 kend/detik, kecepatan jaringan 31,14 km/jam, total jarak yang ditempuh 9253,27 kend-jam, dan total waktu perjalanan 297,20 kend-jam. Rekomendasi penanganan yang dilakukan yakni pelebaran jalan, penataan parkir, relokasi pedagang kaki lima, pembatasan jam operasional kendaraan berat, penambahan fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki, dan penambahan rambu lalu lintas. Kata kunci : Penataan lalu lintas, Kinerja jaringan, PTV Vissim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 11 2024 |
Date Deposited: | 09 May 2025 03:09 |
Last Modified: | 09 May 2025 03:09 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |