DENY LISTYANUDDIN, DENY LISTYANUDDIN (2024) ANALISA KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PERTAMBANGAN DI KECAMATAN NGLEGOK DAN GARUM KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (49kB) |
Abstract
Kecamatan Nglegok dan Garum merupakan dua kecamatan yang berada di bagian utara Kabupaten Blitar. Kecamatan ini memiliki kekayaan sumber daya alam berupa material yang bersumber dari aliran sungai lahar dari Gunung Kelud. Dengan kondisi demikian, timbul banyak kegiatan penambangan material yang ada di wilayah tersebut. Hal ini mengakibatkan kendaraan barang banyak melintasi ruas jalan yang tidak sesuai dengan kelas jalannya. Karena hal tersebut kondisi ruas jalan yang ada pada Kecamatan Nglegok dan Garum mengalami kerusakan berupa permukaan jalan banyak yang berlubang. Dampak dari kondisi ini mengakibatkan kinerja ruas jalan yang ada pada wilayah studi terjadi penurunan. Maka dari itu untuk mengatasi masalah yang timbul dalam rangka meningkatkan kinerja jaringan jalan akibat pertambangan, perlu dilakukannya uji coba dengan mengusulkan alternatif dalam penanganannya.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari lapangan dan data sekunder yang didapatkan dari dinas terkait. Analisis yang dikaji diantaranya analisis kinerja jaringan jalan dan pemilihan rute angkutan barang pertambangan. Aplikasi transportasi VISUM digunakan sebagai bantuan dalam memilih rute dan hasil analisis kinerja jalan. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya volume ruas jalan, kecepatan rata – rata ruas jalan, kepadatan ruas jalan, dan waktu tempuh perjalanan. Dari hasil analisis pemodelan yang dilakukan diperoleh pemecahan masalah dengan memilih rute angkutan barang terdekat yang dilintasi. Dengan hasil ini, diperoleh rasio volume dengan kapasitas ruas jalan pada jalan Raya Penataran 3 sebesar 0,52. Hasil dari pemilihan rute berupa jarak perjalanan 29,8 km. Dan memiliki waktu tempuh 29 menit 15 detik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | MTJ 4 2024 |
Date Deposited: | 06 May 2025 14:29 |
Last Modified: | 06 May 2025 14:29 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |