KOORDINASI SIMPANNG BERSINYAL DI KOTA BANJAR (STUDI KASUS: SIMPANG ALUN-ALUN, SIMPANG DJARUM, DAN SIMPANG LAPANG BAKTI)

NEVANDA AZIZ FARIDHO, NEVANDA AZIZ FARIDHO and DANI HARDIANTO, DANI HARDIANTO and VERONICA, VERONICA (2024) KOORDINASI SIMPANNG BERSINYAL DI KOTA BANJAR (STUDI KASUS: SIMPANG ALUN-ALUN, SIMPANG DJARUM, DAN SIMPANG LAPANG BAKTI). KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL DI KOTA BANJAR (STUDI KASUS: SIMPANG ALUN-ALUN, SIMPAG DJARUM, DAN SIMPANG LAPANG BAKTI). (Submitted)

[img] Text (Jurnal Koordinasi Simpang Bersinyal)
JURNAL KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL DI KOTA BANJAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy

Abstract

Persimpangan sebagai pertemuan dari dua atau lebih jaringan jalan, dimana menjadi lintasan kendaraan yang saling berpotongan. Karakteristik jaringan jalan di Kota Banjar memiliki skema grid, sehingga memiliki banyak persimpangan yang berdekatan. Simpang Alun-Alun, Simpang Djarum, dan Simpang Lapang Bakti merupakan salah satu simpang yang berdekatan di Kota Banjar, jarak Simpang Alun-Alun ke Simpang Djarum 645 meter dan jarak Simpang Djarum ke Simpang Lapang Bakti 190 meter serta memiliki kinerja yang kurang baik. Kinerja simpang dilihat pada indikator tundaan, Simpang Alun-Alun memiliki tundaan sebesar 33,02 detik/smp, Simpang Djarum memiliki tundaan sebesar 24,17 detik/smp, dan Simpang Lapang Bakti memiliki tundaan sebesar 32,17 detik/smp. Untuk meningkatkan kinerja pada persimpangan tersebut dilakukan koordinasi antar simpang. Sistem koordinasi simpang yang belum diterapkan mengakibatkan kendaraan harus menunggu sinyal merah setelah meliwati simpang dan harus menunggu sinyal hijau. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan pedoman PKJI 2023 dan menggunakan software Transyt 16 untuk analisis lanjutan yaitu optimalisasi dan pengkoordinasian. Hasil perbandingan kinerja kondisi eksisting dan setelah dilakukan pengkoordinasian mengalami peningkatan kinerja pada ketiga simpang. Simpang Alun-Alun memiliki tundaan sebesar 10,35 detik/smp, Simpang Djarum memiliki tundaan sebesar 10,45 detik/smp, dan Simpang Lapang Bakti memiliki tundaan sebesar 10,07 detik/smp.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Simpang; Tundaan; Koordinasi Simpang; Kinerja; Jaringan Jalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 3 2024
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:45
Last Modified: 02 Sep 2024 04:45
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item