MUHAMMAD INSAN KAMIL, KAMIL and POPIK MONTANASYAH, POPIK and MEGA SURYANDARI, MEGA SURYANDARI (2024) MODEL HUBUNGAN PERJALANAN KERETA API TERHADAP PENUTUPAN PERLINTASAN SEBIDANG JPL 78 DAN ANTRIAN KENDARAAN DI JALAN PERJUANGAN KOTA BEKASI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
MODEL HUBUNGAN PERJALANAN KERETA API TERHADAP PENUTUPAN PERLINTASAN SEBIDANG JPL 78 DAN ANTRIAN KENDARAAN DI JALAN PERJUANGAN KOTA BEKASI - M. INSAN KAMIL XXVIII.10.29.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Perlintasan sebidang bernomor JPL 78 terletak dekat dengan Stasiun Bekasi terletak di DAOP 1 Jakarta, Jalan Perjuangan, Margamulya, Kota Bekasi. Pada lokasi tersebut kami meneliti untuk memodelkan pengaruh perjalanan KA terhadap durasi penutupan perlintasan sebidang dan panjang antrian kendaraan dengan metode analisis regresi linear menggunakan aplikasi SPSS serta memberikan rekomendasi penutupan perlintasan sebidang dengan metode analitikal hirarki proses menggunakan aplikasi Expert Choices. Pemodelan hubungan jumlah KA terhadap durasi penutupan berpengaruh 40,6% setiap penambahan satu rangkaian KA menambah 108,081 detik. Panjang rangkaian KA dan kecepatan KA terhadap durasi penutupan berpengaruh 45,9% setiap penambahan kecepatan 1 km/jam mengurangi 1,933 detik dan setiap penambahan satu unit sarana menambah 9,221 detik. Durasi penutupan berpengaruh 100% terhadap antrian kendaraan selatan dan utara. Setiap penambahan satu detik penutupan menambah antrian selatan 0,760 meter dan antrian utara 0,809 meter. Frekuensi dan headway KA terhadap antrian selatan berpengaruh 87,2% setiap penambahan satu frekuensi menambah antrian selatan 80,914 meter dan setiap penambahan satu detik headway menambah antrian selatan 3,514 meter. Frekuensi dan headway KA terhadap antrian utara berpengaruh 92,5% setiap penambahan satu frekuensi menambah antrian utara 58,796 meter dan setiap penambahan satu detik headway menambah antrian utara 2,537 meter. Dengan metode AHP aplikasi Expert Choices 11 diperoleh kriteria keamanan sebagai kriteria dominan dengan bobot 0,422 dan alternatif Fly Over sebagai prioritas pertama dalam pemilihan rekomendasi penutupan perlintasan sebidang JPL 78.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model, perlintasan sebidang, analisis regresi linear, analisis hirarki proses |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 1 2024 |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 02:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 02:01 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7511 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |