ANALISIS KINERJA OPERASIONAL BUS KOTA DAMRI DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS JALUR V)

Bimo, Sedayu Aji (2019) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL BUS KOTA DAMRI DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS JALUR V). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
Bimo Sedayu Aji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan pada pelayanan Bus Kota Bandung terdapat beberapa permasalahan diantaranya Rendahnya faktor muat rata – rata pada Jalur V. Fekuensi kendaraan per-jam yang rendah pada angkutan dan bus kota dengan rata – rata tiga kendaraan perjam. Waktu antar kendaraan (headway) bus kota dengan rata – rata 20 menit. Data primer dalam penelitian ini berupa Data Wawancara Penumpang, Data Statis, Data Dinamis dan Data Analisis. Sementara data sekunder dalam penelitian ini adalah Peta Jalur V, Data Administrasi, dan Data Kinerja Opersaional Eksisting. Pengolahan data yang dilakukan yaitu Kinerja Operasional Eksisting, Rencana Kinerja Operasional dan Usulan Penjadwalan. Berdasarkan analisis, Pada kondisi eksisting dari bus kota damri bandung jalur V, diketahui tingkat operasi kendaraan adalah 87%, frekuensi kendaraan perjam adalah 2 kendaraan baik peak maupun offpeak, headway pelayanan adalah 27 menit, dan faktor muat pada saat peak adalah 82,46% sedangkan pada saat offpeak adalah 60%. Untuk meningkatkan Kinerja Operasional dari Jalur V supaya bisa maksimal dalam pelayanannya diperlukan penyesuaian jumlah armada. Dari hasil penyesuaian armada tersebut dapat diperoleh jumlah armada yang diperlukan supaya pelayanan bagi pengguna jasa dapat. Dari hasil analisis didapatkan jumlah armada yang diperlukan supaya pelayanan meningkat adalah sebanyak 14 unit kendaraan, kemudian untuk waktu antar kendaraan (headway) yang ideal setelah adanya penyesuaian jumlah armada adalah 13 menit, untuk kebutuhan armada tiap waktu sirkulasinya adalah 9 kendaraan dan pada waktu sibuk antara pukul 06.00 sampai 09.00 adalah 14 kendaraan per waktu sirkulasi. Kemudian untuk meningkatkan kualitas pelayanan diperlukan adanya penjadwalan dalam pengoperasian kendaraan, berdasarkan hasil rasionalisasi maka direkomendasikan penjadwalan ideal dalam peningkatan kinerja operasional dari bus kota Damri Bandung Jalur V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: PRODI MTJ DIII
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:05
Last Modified: 14 Apr 2021 02:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item