PERENCANAAN JARINGAN LINTAS ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN PASURUAN

INDRA FAHREZKI, INDRA FAHREZKI and GUNTORO ZAIN MA’ARIF, GUNTORO ZAIN MA’ARIF and SITI KHADIJAH KOTO, SITI KHADIJAH KOTO (2024) PERENCANAAN JARINGAN LINTAS ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN PASURUAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
cover .pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V ANALISI DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (55kB)

Abstract

Kabupaten Pasuruan merupakan kabupaten yang sering melakukan pergerakan angkutan barang, namun kabupaten Pasuruan belum ada aturan terkait jaringan lintas angkutan barang. Hal tersebut Perlu adanya identifikasi terkait pola pergerakan angkutan barang agar dapat merencanakan alternatif rute angkutan barang. Skenario dilakukan di bagi menjadi 3 zona yang berdasarkan tataguna lahan industi. Pemilihan jaringan lintas angkutan barang dilakukan dengan membatasi pergerkan angkutan barang ke 39 ruas jalan. Pembatasan dilakukan secara parsial karena kendaraan jenis pick up masih diperbolehkan melintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kinerja jaringan jalan sebelum dan sesudah diterapkannya jaringan lintas angkutan barang. Dalam mengetahui kinerja ruas jalan perlu adanya pembebanan dengan bantuan perangkat lunak VISUM pada tiap skenario penanganan. Dalam penentuan rute lalu lintas angkutan barang yang baik, perlu dilakukannya analisis metode All or nothing guna melakukan pembobotan pada tiap ruas jalan, yang nantinya dapat dihasilakan sebagai kinerja jaringan. Perbandingan kinerja jaringan jalan eksisting dengan kinerja jaringan skenario di bagi berdasarkan pembagian zona industri. Dengan adanya skenario dapat meningkatkan kinerja jaringan. Zona 1 dengan kecepatan 25 km/jam menjadi 27 km/jam, waktu tempuh 15.094 jam menjadi 13.597 jam, dan jarak tempuh 274.161 km menjadi 269.284 km. Zona 2 dengan kecepatan 22 km/jam menjadi 22 km/jam, waktu tempuh 17.765 jam menjadi 24.185 jam, dan jarak tempuh 319.930 km. Zona 3 dengan kecepatan 24 km/jam menjadi 26 km/jam, waktu tempuh 8.647 jam menjadi 8.476 jam, dan jarak tempuh 145.211 km menjadi 153.684 km.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan Barang, Pembebanan, Jaringan Lintas Angkutan Barang, Kinerja Jaringan Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 5 2024
Date Deposited: 05 May 2025 06:51
Last Modified: 05 May 2025 06:51
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item View Item