ANALISIS KINERJA OPERASIONAL KENDARAAN BRT TRANS SEMARANG (STUDI KASUS KORIDOR II DAN KORIDOR IV)

Bintang, Nugroho (2019) ANALISIS KINERJA OPERASIONAL KENDARAAN BRT TRANS SEMARANG (STUDI KASUS KORIDOR II DAN KORIDOR IV). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
Bintang Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat di BRT Trans Semarang adalah Terdapat perbedaan jumlah permintaan antara koridor II dan koridor IV, dengan sejumlah 171 penumpang pada saat peak sore pada koridor II dan 390 penumpang pada saat peak sore pada koridor IV. Adanya perbedaan load factor antara peak dan off peak di koridor IV pada saat peak terdapat 119% dan di saat off peak 79%. Tingginya permintaan perjalanan di koridor IV pada saat peak sore tidak diimbangi dengan jumlah armada yang tersedia. Data primer dalam penelitian ini berupa Data Survei Statis, Survei dinamis, Survei Wawancara dan Data sekunder dalam penelitian ini berupa Peta Jaringan Trayek, Jumlah Armada dan Data Unjuk Kerja Operasional Trans Semarang. 1. Pengolahan data berupa Kinerja Pelayanan Eksisting, Peningkatan Kinerja BRT dan Usulan Penjadwalan. Berdasarkan analisis Kondisi Eksisting di Koridor II a. Pada koridor II kondisi pada saat jam peak sore cukup lenggang dengan load factor 43%. b. Pada koridor II cukup dilayani dengan 13 kendaraan yang sudah dapat memenuhi permintaan pengguna jasa pada saat peak sore. 2. Kondisi Eksisting di Koridor IV. a. Pada koridor IV Terdapat penumpukan penumpang sejumlah 390 orang pada saat jam peak sore dengan load factor 119%. b. Pada koridor IV terdapat 20 armada yang tidak memenuhi permintaan pengguna jasa pada saat peak sore. c. Pada koridor IV setelah di analisa terdapat kekurangan sejumalah 10 kendaraan 3. Usulan a. Untuk memenuhi kendaraan pada koridor IV perlu penambahan sejumlah 10 kendaraan yang di ambil dari koridor II b. Penjadwalan saat peak di koridor II dengan headway 10 menit, frekuensi 6 kendaraan/jam, dan waktu tunggu kendaraan 6 menit. c. Penjadwalan saat peak di koridor IV dengan headway 4,5 menit, frekuensi 13 kendaraan/jam, dan waktu tunggu kendaraan 6 menit untuk memenuhi permintaan pada saat peak sore di koridor IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: PRODI MTJ DIII
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:10
Last Modified: 14 Apr 2021 02:10
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item