Siti Gia Hafiizha, Sitigia and FREDDY TAMPUBOLON, FREDDY TAMPUBOLON and WILLIAM SENO, WILLIAM SENO (2024) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PENUMPANG DAN KENDARAAN DI PELABUHAN PENYEBERANGAN RASAU JAYA KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.
![]() |
Text
ANALISIS KINERJA PELAYANAN PENUMPANG DAN KENDARAAN DI PELABUHAN PENYEBERANGAN RASAU JAYA.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pelabuhan Penyeberangan Rasau Jaya merupakan salah satu sarana Angkutan Penyeberangan satu-satunya di Kabupaten Kubu Raya yang menghubungkan Kabupaten Kubu Raya dengan beberapa Kabupaten lainnya di Kalimantan Barat yang tidak dapat dijangkau oleh Angkutan Jalan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas penyelenggaraan pelayanan di Pelabuhan Penyeberangan, yang kemudian disesuaikan dengan analisis terhadap Standar Pelayanan Minimum pada Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : KP.5062/AP 005/DRJD/2020 tentang Pedoman Penillaian Terhadap Penerapan Standar Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan, hasil penilaian SPM tersebut kemudian dilanjutkan dengan analisis kebutuhan fasilitas sesuai dengan KM No. 52 tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan Penyeberangan, Manajemen arus lalu lintas di area pelabuhan sesuai Per.Dirjen Hubdat : SK.242/HK.104/DRJD/2010 tentang Pedoman Teknis Manajemen Lalu Lintas Penyeberangan. Fasilitas gangway sesuai Keputusan Dirjen Bina Marga NO.76/KPTS/BNKT/1990. Kebutuhan kapal ideal diperoleh dengan menganalisa pola operasi kapal. Dari analisis tersebut maka didapatkan hasil bahwa pelanggan menilai bahwa pelayanan dipelabuhan masih belum memuaskan, kemudian fasilitas yang tersedia saat ini masih belum memenui standar ideal yang diatur dalam PM 52 Tahun 2004. Pola operasi saat ini sudah optimal namun harus dilakukan peningkatan untuk tahun berikutnya sebagai antisipasi kenaikan jumlah penumpang. Dari hasil tersebut diambil kesimpulan bahwa Pelabuhan Rasau Jaya untuk bisa mendapatkan nilai memuaskan dari pengguna jasa pelabuhan, harus meningkatkan dan mengembangkan fasilitas penunjang terutama pada sisi daratan. Kata Kunci : Pelabuhan penyeberangan, Fasilitas Darat, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelabuhan penyeberangan, Fasilitas Darat, Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | Transdar 15 2024 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:08 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 03:08 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |