MANAJEMEN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN YOS SUDARSO DI KABUPATEN CIAMIS

VIVIN VIONITA DAMAYANTI, VIVIN VIONITA DAMAYANTI and MASRONO YUGIHARTIMAN, MASRONO YUGIHARTIMAN and SULISTYO SUTANTO, SULISTYO SUTANTO (2024) MANAJEMEN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN YOS SUDARSO DI KABUPATEN CIAMIS. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (76kB)

Abstract

Jalan Yos Sudarso adalah salah satu jalan yang berada di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Jalan Yos Sudarso merupakan akses menuju kawasan AlunAlun Ciamis, yang merupakan pusat kegiatan ekonomi dan wisata. Jalan ini juga menjadi penghubung antara Kelurahan Maleber dan Kelurahan Kertasari, tetapi jalan tersebut menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) sehingga pergerakan dari Kertasari menuju Maleber harus memutar melewati Alun-Alun Ciamis. Hal ini menyebabkan rute jalan yang ditempuh sangat panjang oleh pengguna lalu lintas dan menyebabkan ketidakefesienan gerakan lalu lintas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi dari pelayanan lalu lintas Sistem Satu Arah (SSA) eksisting. Caranya dengan membandingkan kinerja menggunakan skenario alternatif yaitu menggunakan sistem dua arah. Metode yang digunakan adalah studi kasus berdasarkan perhitungan PKJI dan penggunaan aplikasi PTV Visum. Hasil analisis yang didapat menunjukkan bahwa untuk kinerja ruas jalan (mikro) yaitu V/C Ratio dan kecepatan, Sistem Satu Arah (SSA) memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan alternatif sistem dua arah. Untuk kinerja jaringan jalan (makro) yang terdiri dari waktu tempuh dan jarak tempuh sistem dua arah mempunyai nilai yang lebih baik. Terdapat simpang yang terdampak dari usulan sistem dua arah pada Jalan Yos Sudarso yaitu Simpang Graha dan Simpang Tiga Yodas. Analisis Simpang Graha dilakukan untuk memberikan alternatif penanganan setelah usulan sistem dua arah pada Jalan Yos Sudarso. Dalam melakukan metode perhitungan ditinjau dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Pada Simpang Graha disimpulkan bahwa usulan II yaitu penyesuaian dari 2 fase menjadi 3 fase dengan menggunakan belok kiri langsung pada pendekat timur dan barat. Analisis Simpang Tiga Yodas dilakukan untuk mengetahui perbandingan kinerja simpang sebelum dan sesudah sistem dua arah pada Jalan Yos Sudarso. Dalam melakukan metode perhitungan ditinjau dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Pada Simpang Tiga Yodas disimpulkan bahwa kinerja simpang pada kondisi eksisting lebih baik daripada usulan sistem dua arah pada Jalan Yos Sudarso. Kata Kunci : Manajemen, Pelayanan Lalu Lintas, Sistem Satu Arah, PTV Visum, kinerja simpang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan Lalu Lintas, Sistem Satu Arah, PTV Visum, kinerja simpang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 15 2024
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:49
Last Modified: 29 Apr 2025 02:49
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

View Item View Item