MUHAMMAD ADHITYA, MUHAMMAD ADHITYA and TORANG HUTABARAT, TORANG and SUDIRMAN ANGGADA, SUDIRMAN ANGGADA (2024) ANALISIS PENENTUAN TIPE PENGENDALIAN SIMPANG GUNA MENINGKATKAN KESELAMATAN DI SIMPANG JEMBATAN PAJARAKAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
Abstract
Simpang Jembatan Pajarakan di Kabupaten Probolinggo adalah simpang tidak bersinyal bertipe 422. Simpang Jembatan Pajarakan merupakan simpang yang menghubungkan pusat kegiatan masyarakat, pusat peribadatan, fasilitas kesehatan, perkantoran, dan pertokoan. Hal ini membuat arus lalu lintas pada simpang tersebut tinggi terutama pada jam sibuk sehingga terjadi banyak konflik kendaraan yang dapat mengakibatkan kecelakaan serta kemacetan pada Simpang Jembatan Pajarakan. Penelitian pada Simpang Jembatan Pajarakan ini dilakukan untuk menganalisis penentuan tipe pengendalian simpang. Hasil data survei menunjukkan bahwa volume lalu lintas 2300 smp/jam, nilai derajat kejenuhan 0,84 dan terjadi 6 kecelakaan lalu lintas pada satu tahun terakhir dimana persimpangan ini dinyatakan sudah mendekati jenuh dan perlu peningkatan tipe pengendalian simpang. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 untuk mengukur kinerja lalu lintas dan penentuan tipe pengendalian simpang. Selanjutnya menghitung kapasitas jalan berdasarkan perhitungan kinerja setelah penanganan dengan kondisi sama seperti eksisting. Kondisi eksisting kapasitas pada Simpang Pasar Sawahan adalah 2740 smp/jam. Adapun hasil analisis usulan tipe pengendalian untuk meningkatkan keselamatan pada simpang dapat digunakan beberapa alternatif yang dapat digunakan salah satunya yaitu usulan 3 dengan pemasangan APILL 4 fase yang menghasilkan berkurangnya jumlah titik konflik pada Simpang Jembatan Pajarakan sehingga dapat meningkatkan keselamaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Pengendalian, Simpang, Konflik, PKJI 2023 |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 4 2024 |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:25 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:25 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |