PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE C KEMBANGJOYO PATI DI KABUPATEN PATI

MUHAMMAD KHOIRUL ULIN NUHA, MUHAMMAD KHOIRUL ULIN NUHA and PANJI PASA PRATAMA, PANJI PASA PRATAMA and ROBERT SIMANJUNTAK, ROBERT SIMANJUNTAK (2024) PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN TERMINAL TIPE C KEMBANGJOYO PATI DI KABUPATEN PATI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
PENINGKATAN KINERJA PERLAYANAN TERMINAL TIPE C KEMBANGJOYO PATI DI KABUPATEN PATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Terminal Tipe C Kembangjoyo Pati menghadapi sejumlah permasalahan yang signifikan. Pertama, terminal ini melayani angkutan AKAP meskipun fasilitas utama dan penunjangnya belum memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) terminal. Kondisi eksisting dari data observasi memperlihatkan beberapa fasilitas kurang untuk mencapai standarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi dan kelengkapan fasilitas di terminal terhadap pemenuhan standar pelayanan minimum PM No. 40 Tahun 2015. Selain itu, arus pergerakan di dalam terminal bercampur menjadi satu, yang berpotensi mengancam keselamatan pengguna terminal. Evaluasi tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap fasilitasnya dilakukan menggunakan metode analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil observasi menunjukkan terpenuhinya 12 indikator (36,4%) dari total 33 indikator. Nilai CSI fasilitas hanya 49,44% (Kurang Puas). Sementara hasil IPA diperoleh 10 variabel kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan, 4 variabel kuadran II yang perlu dipertahankan, 2 variabel kuadran III yang merupakan prioritas perbaikan rendah dan 2 variabel kuadran IV yang kinerjanya berlebihan sehingga sebaiknya perlu dikurangi. Hasil observasi CSI dan IPA dapat digunakan sebagai dasar dalam peningkatan kinerja pelayanan Terminal Kembangjoyo Pati. Hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa Terminal Kembangjoyo Pati saat ini terdapat 38 titik konflik sirkulasi pergerakan di dalam terminal. Namun, dengan rencana peningkatan kinerja Terminal Tipe C Kembangjoyo Pati, total lahan yang digunakan untuk layout rencana terminal sebesar 10.304,73 m2 dan konflik sirkulasi dapat diminimalisir menjadi hanya 3 titik. Setelah peningkatan kinerja, intensitas lalu lintas (ρ) pada pintu masuk dan keluar terminal pada pagi, siang, dan sore hari menunjukkan nilai ρ < 1, yang menandakan bahwa antrian berjalan lancar sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan raya serta angkutan umum yang masuk dan keluar terminal. Penelitian ini juga menyarankan peningkatan infrastruktur dan manajemen lalu lintas yang lebih baik untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional terminal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terminal, kinerja, fasilitas, sirkulasi, pelayanan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 1 2024
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:16
Last Modified: 24 Apr 2025 02:16
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8028

Actions (login required)

View Item View Item