PENATAAN LALU LINTAS DAMPAK PENGEMBANGAN FACE OFF KAWASAN SEGI EMPAT EMAS PONOROGO

Muhammad Bunnan, Wisnu Brian and Patria Tama, Yuanda and Mohammad, Sugiarto (2024) PENATAAN LALU LINTAS DAMPAK PENGEMBANGAN FACE OFF KAWASAN SEGI EMPAT EMAS PONOROGO. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
Cover.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan pedestrian yang dibuat menjadi autentik menjadi identitas kota yang baru menyebabkan dampak perubahan lalu lintas di sekitarnya.Penelitian ini menganalisis dampak perubahan lebar trotoar dan jalan akibat penambahan area parkir di kawasan Face Off Segi Empat Emas Ponorogo. Dengan menggunakan simulasi VISSIM, studi ini mengevaluasi perubahan kinerja lalu lintas serta perilaku pejalan kaki dan kendaraan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelebaran trotoar meningkatkan kenyamanan dan keamanan pejalan kaki. namun, ini juga mengurangi kapasitas jalan, menyebabkan peningkatan kemacetan dan waktu perjalanan yang lebih lama, terutama pada jam sibuk.Pengurangan lebar jalan karena area parkir di tepi jalan berdampak pada penurunan kapasitas jalur kendaraan, meningkatkan waktu perjalanan, dan memperburuk kinerja jaringan jalan secara keseluruhan. Dengan kapasitas jalan yang berkurang, kendaraan harus beroperasi pada kecepatan yang lebih rendah, yang meskipun dapat mengurangi risiko kecelakaan, juga memperlambat aliran lalu lintas dan meningkatkan kemacetan.Studi ini menekankan pentingnya perencanaan dan manajemen lalu lintas yang efektif guna mengakomodasi permintaan kedepanya. Rekomendasi mencakup pengaturan parkir yang lebih baik, seperti parkir terstruktur atau penggunaan lahan parkir alternatif, serta perencanaan trotoar yang seimbang antara kebutuhan pejalan kaki dan arus lalu lintas kendaraan. Implementasi strategi ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan, meningkatkan efisiensi lalu lintas, serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki di kawasan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MRLL, Parkir, Pejalan Kaki, Kinerja Lalu Lintas
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 9 2024
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:04
Last Modified: 24 Apr 2025 02:04
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8058

Actions (login required)

View Item View Item