SUGAERI HAPIZ, SUGAERI HAPIZ and TORANG HUTABARAT, TORANG HUTABARAT and SUDIRMAN ANGGADA, SUDIRMAN ANGGADA (2024) PERENCANAAN ANGKUTAN UMUM PENDUKUNG PARIWISATA BROMO DI KABUPATEN PROBOLINGGO PERENCANAAN ANGKUTAN UMUM PENDUKUNG PARIWISATA BROMO DI KABUPATEN PROBOLINGGO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB 1 .pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kabupaten Probolinggo adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang terkenal akan Pariwisata. Potensi Pariwisata yang berkembang cukup pesat dikarenakan kabupaten Probolinggo merupakan salah satu dari empat pintu masuk menuju Kawasan Wisata Gunung Bromo serta Status Kawasan Wisata Gunung Bromo yang merupakan KSPN ( Kawasan Wisata Strategis Nasional ) sehingga meningkatkan jumlah kunjungan Wisatawan setiap Tahun. Untuk mewujudkan pengembangan potensi Wisata, maka dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang pada subsektor transportasi darat berupa angkutan umum. Sehingga perlu dilakukan suatu rencana pengoperasian angkutan untuk menunjang kegiatan Pariwisata dan mewujudkan transportasi yang terintegrasi,murah dan tepat waktu. Sehingga tujuan pada penelitian adalah untuk menganalisis potensi demand, rute angkutan, pemilihan jenis kendaraan, karakteristik sistem operasional, serta penentuan tarif dan besarnya biaya operasional angkutan di Kawasan Wisata yang dikaji. Objek Wisata yang dikaji adalah Kawasan Wisata Gunung Bromo via Probolinggo. Dari Hasil Demand Potensial maka rute rencana yaitu dari Terminal bayuangga dengan panjang Rute 37 Km. Jenis kendaraan yang direncanakan adalah Bus kecil dengan kapasitas 20 penumpang termasuk supir Jumlah armada yang dioperasikan sebanyak 5 kendaraan dengan waktu antara sebesar 27 menit. Waktu operasional kendaraan 9 jam pada pukul 03.30 WIB – 13.30 WIB dengan tarif per kilometer Rp 251 per penumpang dengan tarif total Rp 20.500 per penumpang. Berdasarkan analisis Ability To Pay (ATP) dan Wilingness To Pay (WTP) dimana kemampuan pengguna untuk membayar jasa sebesar Rp 21.775 dan kesediaan membayar sebesar Rp 20.000 – Rp.30.000. Kata kunci : Angkutan, wisatawan, Rute, Sistem operasional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Angkutan, wisatawan, Rute, Sistem operasional |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 11 2024 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:10 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:10 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |