L.M. WAHID WIJAYA, WAHID and ANISA MAHADITA CANDRARAHAYU, ANISA and MOHAMMAD SUGIARTO, MOHAMMAD SUGIARTO (2024) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PADA PERLINTASAN SEBIDANG JALUR PERLINTASAN LANGSUNG (JPL) 104 CIBITUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (834kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
Abstract
Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan di Kabupaten Bekasi, terutama pada perpotongan antara jalan raya dengan rel kereta api. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas menggunakan model Greenshields, teori gelombang kejut (shockwave), dan PKJI 2023. Perlintasan sebidang JPL 104 Cibitung dilintasi 378 kereta per harinya dengan durasi penutupan palang pintu, 1,3 hingga 3,5 menit yang mengakibatkan terjadinya hambatan lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini meliputi pengumpulan data primer melalui survei lapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengevaluasi kinerja lalu lintas, dengan beberapa parameter kinerja. Analisis dilakukan untuk proyeksi kondisi pada tahun 2028. Hasil penelitian pada kondisi tahun 2028 menunjukkan, tingkat pelayanan Jl. Wanasari - Telaga Asih 2 adalah F dengan V/C Ratio 0,93, kecepatan tempuh 10,05 km/jam, dan kepadatan mencapai 134,47 smp/km. Antrian kendaraan saat penutupan palang pintu mencapai 561,76 meter kearah utara dan 655,10 meter kearah selatan dengan tundaan selama 396,70 detik. Data ini menunjukkan kondisi lalu lintas semakin memburuk jika tidak dilakukan penanganan yang tepat. Rekomendasi terbaik yang diusulkan adalah peningkatan perlintasan sebidang menjadi perlintasan tidak sebidang, pelebaran jalan, pengendalian hambatan samping, melengkapi prasarana jalan, sehingga dapat meningkatkan kinerja lalu lintas secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Lalu Lintas, Perlintasan Sebidang, Greenshields, Gelombang Kejut (Shock Wave), PKJI 2023 |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 4 2024 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:55 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |