MUHAMMAD HARISKI, MUHAMMAD HARISKI and Sulistyo Sutanto, Sulistyo S and Boing, R. Caesario (2024) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN RAYA BUGBUG KM 2-3 DI KABUPATEN KARANGASEM. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
Abstract
Satlantas Polres Karangasem menjelaskan data kecelakaan 5 tahun terakhir tahun 2018-2022 bahwa jumlah kejadian kecelakaan Pada 5 Tahun terakhir terdapat 11 kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas Jalan Raya Bugbug Km 2-3 dengan fatalitas korban 3 orang meninggal dunia, dan 23 luka ringan. Oleh karena itu, untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas diperlukan sebuah penanganan yang sistematis dan terstrukturAnalisis yang dilakukan untuk mengetahui tingkat atau jumlah kecelakaan pada Ruas Jalan Raya Bugbug Km 2-3 selama 5 tahun terakhir, data yang digunakan dalam analisis ini adalah data kecelakaan lalu lintas yang didapatkan dari instansi kepolisian dari tahun 2018 sampai 2022. Selanjutnya kecelakaan dikelompokkan berdasarkan Jumlah kejadian pertahun, tingkat fatalitas, penyebab kecelakaan, tipe tabrakan, kendaraan yang terlibat dan kronologi kejadianDari hasil analisis dapat diketahui indikator yang menjadi penyebab masalah kecelakaan pada Ruas Jalan Bugbug Km 2-3. Tujuan dari pemecahan masalah ini adalah untuk mengurangi atau memperkecil masalahan kecelakaan. Dari hasil analisis usulan penanganan atau rekoemndasi dalam upaya untuk mengurangi Tingkat kecelakaan di Ruas Jalan Bugbug Km 2-3 terdiri dari desain geometrik jalan, pembatasan kecepatan, dan fasilitas perlengkapan jalanFaktor penyebab kecelakaan akibat manusia dipengaruhi oleh lengah saat berbelok dengan 1 kejadian, lengah saat mendahului 3 kejadian, dan berkecepatan tinggi dengan 1 kejadian, faktor penyebab akibar prasarana dipengaruhi oleh jalan berlubang dengan 3 kejadian dan jalan bergelomban 1 kejadian. Pengusulan desain jalan yang berkeselamatan yang meliputi desain geometrik jalan, manajemen pengendailan kecepatan, dan melengkapi fasilitas perlengkapan jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Keselamatan, Hira |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 5 2024 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:18 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |