PERENCANAAN SARANA ANGKUTAN SEMEN STASIUN MANGILU – STASIUN GARONGKONG

FACHRI NUR HIDAYAT PARINDURI, FACHRI and AZHAR HERMAWAN RIYANTO, AZHAR HERMAWAN RIYANTO and EKA ARISTA ANGGOROWATI, EKA ARISTA ANGGOROWATI (2024) PERENCANAAN SARANA ANGKUTAN SEMEN STASIUN MANGILU – STASIUN GARONGKONG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
KKW_FACHRI NUR HIDAYAT PARINDURI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kereta api adalah sarana perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api. Pengangkutan ialah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan maksud untuk meningkatkan daya guna dan nilai. Dalam pasal 139 UU nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian menjelaskan, angkutan barang dengan kereta api dilakukan menggunakan gerbong. Perkeretaapian di Sulawesi Selatan tidak hanya dikhususkan untuk mengangkut penumpang tetapi ditujukan untuk mengangkut angkutan barang terutama angkutan semen dari PT. Tonasa. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode peramalan aritmatik didapatkan hasil produksi semen pada 5 tahun kedepan sebesar 6.803.014 ton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sarana angkutan barang semen yang dibutuhkan untuk mengangkut produksi semen dari Stasiun Mangilu menuju ke Stasiun Garongkong. Dari analisis diperoleh jumlah gerbong pertahun untuk gerbong muat 60 ton adalah 113.384 gerbong/tahun, sementara gerbong muat 40 ton sebanyak 170.075 gerbong/tahun. Kemudian gerbong yang ditarik lokomotif perhari, untuk gerbong muat 60 ton sebanyak 333 gerbong/hari dan gerbong muat 40 ton sebanyak 498,75 gerbong/hari. Kemudian selanjutnya dapat dilakukan analisis kebutuhan jumlah kereta api dah diperoleh banyak kereta api menggunakan lokomotif WAGR L CLASS untuk gerbong 60 ton adalah 24 KA/hari dan gerbong 40 ton sebanyak 24 KA/hari. Sementara yang menggunakan lokomotif GE AC4400CW dibutuhkan masing-masing 18 KA/hari untuk gerbong 60 ton dan 40 ton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kereta api, pengangkutan semen, lokomotif, gerbong
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: MTP 1 2024
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:12
Last Modified: 17 Apr 2025 02:12
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item View Item